Mandiri Syariah Terus Dukung Langkah BI Kendalikan Moneter

    Angga Bratadharma - 05 Desember 2020 13:03 WIB
    Mandiri Syariah Terus Dukung Langkah BI Kendalikan Moneter
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma
    Jakarta: PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) terus mendukung langkah Bank Indonesia (BI) terkait upaya pengendalian moneter dan implementasi standar QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh bank sentral. Diharapkan pengendalian yang memadai oleh BI dan didukung pihak terkait bisa menjaga stabilitas ekonomi Indonesia.

    "Kami berharap transaksi penempatan instrumen di BI dan implementasi QRIS menjadi kontribusi Mandiri Syariah dalam mendukung program pemerintah dan meningkatkan ekosistem  keuangan syariah di Indonesia," kata Corporate Secretary Mandiri Syariah Ivan Ally, dalam keterangan resminya, Sabtu, 5 Desember 2020.

    Sejauh ini Mandiri Syariah aktif bertransaksi di pasar uang syariah dengan bank syariah lain dalam rangka mendukung pendalaman pasar uang syariah dan stabilitas moneter baik melalui penempatan di instrumen Pasar Uang Syariah (PUAS) maupun instrumen moneter Bank Indonesia.

    Mandiri Syariah juga aktif melakukan penempatan sukuk BI (SukBI) dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah. Hingga November 2020, outstanding penempatan Mandiri Syariah pada instrumen Bank Indonesia mencapai Rp15,32 triliun.

    Selain itu, Mandiri Syariah juga aktif bersama BI dan pelaku pasar uang syariah lainnya melakukan inovasi mengembangkan produk pendalaman pasar keuangan syariah seperti hedging syariah, repo syariah, NCD syariah, dan Fasilitas Likuiditas Berdasarkan Prinsip Syariah (FLisBI).

    "Kemudian Pengelolaan Likuiditas Berdasarkan Prinsip Syariah (PaSBI), dan Sertifikat Pengelolaan Dana Berdasarkan Prinsip Syariah Antar Bank (SIPA)," tuturnya.

    Selain mendukung dalam pengendalian moneter, Mandiri Syariah juga merupakan bank syariah yang menjadi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) implementasi QRIS sejak Bank Indonesia mulai mewajibkan semua kode respons cepat berstandar QRIS per 1 Januari 2020.

    QRIS ini menjadi salah satu program unggulan khususnya dalam integrasi ekonomi keuangan digital nasional. Sekaligus sebagai sarana pengembangan UMKM di Indonesia. Metode pembayaran nontunai ini dapat diakses nasabah dengan memindai kode QRIS merchant dari aplikasi Mandiri Syariah Mobile.

    Lebih lanjut, Ivan Ally mengucapkan terima kasihnya kepada Bank Indonesia yang telah memberikan penghargaan kepada Mandiri Syariah sebagai bank syariah pendukung pengendalian moneter dan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan implementasi QRIS dari Bank Indonesia.

    "Alhamdulillah, ini kali keempat kami menerima penghargaan pengendalian moneter terbaik dan pertama kali untuk implementasi QRIS usai diluncurkannya di awal 2020. Tentunya kami sangat bersyukur dan bangga menerima penghargaan ini," pungkas Ivan.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id