Bank Mandiri Siaga Likuiditas untuk Program PEN

    Annisa ayu artanti - 26 Oktober 2020 14:18 WIB
    Bank Mandiri Siaga Likuiditas untuk Program PEN
    PT Bank Mandiri Tbk akan menggunakan likuiditasnya untuk mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Foto: Dok.MI
    Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk akan menggunakan likuiditasnya untuk mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Djunaedi mengatakan hal tersebut sebagai salah satu strategi yang dilakukan untuk menghadapi situasi pandemi covid-19.

    "Apabila diperlukan Bank Mandiri akan mendorong penyaluran dan PEN tersebut, walaupun kami menggunakan likuiditas Bank Mandiri itu sendiri," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin, 26 Oktober 2020.

    Sejauh ini, posisi likuiditas Bank Mandiri berada pada level aman. Hal tersebut didukung oleh pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) konsolidasi yang tumbuh 14,92 persen secara tahunan menjadi Rp1.024,2 triliun, dengan komposisi dana murah mencapai Rp61,9 persen.

    Adapun, hingga 30 September 2020 emiten berkode BMRI ini telah menyalurkan kredit PEN sebesar Rp42,6 triliun ke sektor UMKM dan non UMKM dengan total 132,97 ribu debitur.

    Bila dirinci penyaluran kredit PEN untuk segmen pengolahan sebesar Rp14,9 triliun, segmen perdagangan sebesar Rp11,5 triliun, segmen pertanian dan kehutanan sebesar Rp4,8 triliun, dan segmen konstruksi sebesar Rp1,5 triliun.

    Selain itu, Darmawan melanjutkan ada beberapa upaya lainnya yang dilakukan Bank Mandiri untuk membantu pemerintah memulihkan ekonomi nasional seperti melakukan restrukturisasi kredit terdampak covid-19, serta mendorong pertumbuhan sektor UMKM.

    "Fokus kita kepada mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, tentunya segmen umkm akan menjadi fokus utama kita," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id