Penerapan PPKM Diperpanjang, IHSG Diprediksi Tertekan

    Annisa ayu artanti - 22 Januari 2021 08:58 WIB
    Penerapan PPKM Diperpanjang, IHSG Diprediksi Tertekan
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti



    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir pekan ini diprediksi melanjutkan pelemahan perdagangan sebelumnya. Secara teknikal candlestick membentuk long black body yang artinya mengindikasikan potensi pelemahan.

    Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, IHSG diprediksi diperdagangkan di level support 6.333-6.373 dan resistance 6.478-6.543. "Pergerakan akan terbatas dikarenakan adanya kekhawatiran akibat perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia," kata Dennies, dalam riset hariannya, Jumat, 22 Januari 2021.






    Setelah Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan di level 3,75 persen dan memberikan pandangan terhadap ekonomi Indonesia, hari ini investor tetap masih menunggu dan mencermati beberapa data perekonomian lainnya.

    Pergerakan pelemahan IHSG hari ini juga seiring dengan pelemahan bursa saham global. Bursa saham Amerika ditutup bercampur dengan Dow Jones ditutup melemah tipis 0,04 persen, Nasdaq ditutup menguat 0,55 persen, dan S&P 500 menguat tipis 0,03 persen.

    Dennies menjelaskan, investor di negeri Paman Sam tersebut tengah mengantisipasi laporan keuangan yang akan mulai rilis dalam waktu singkat ini. Hingga saat ini, lanjutnya, investor mulai percaya bahwa rencana stimulus sebesar USD1,9 triliun dari Presiden Joe Biden akan direvisi dengan angka lebih kecil.

    "Hal tersebut terlihat di Kongres yang dengan telah menyetujui stimulus sebesar USD900 miliar pada Desember lalu, masih ragu untuk memberikan stimulus dengan angka yang lebih besar," tutur Denies.

    Sedangkan pergerakan bursa saham Asia dibuka melemah. Investor memperhatikan angka kasus covid-19 dan progres dari stimulus di Amerika Serikat.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id