comscore

JCB: Indonesia Punya Potensi Strategis di Pasar Kartu Pembayaran

Angga Bratadharma - 12 April 2022 17:44 WIB
JCB: Indonesia Punya Potensi Strategis di Pasar Kartu Pembayaran
Ilustrasi. FOTO: JCB
Jakarta: JCB, perusahaan pembayaran internasional dari Jepang, optimistis terhadap pertumbuhan pasar kartu pembayaran internasional di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, JCB menilai Indonesia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki potensi sangat strategis dengan pertumbuhan transaksi nontunai sangat cepat.

Kawasan Asia Tenggara sangat potensial dengan populasi dan ekonomi yang terus bertumbuh. Dalam hal transaksi perbankan, penduduk yang memiliki akun bank dan kartu kredit masih rendah dibandingkan dengan total jumlah penduduk. Maka dari itu, masih ada kesempatan bisnis yang sangat besar.

Tingkat kepemilikan rekening bank dan penetrasi kartu kredit di Asia Tenggara masih rendah, sedangkan tingkat penetrasi smartphone sangat tinggi. Sehingga, JCB percaya teknologi dapat menjadi solusi pembayaran dan pemasaran baru berbasis smartphone.

Presiden Direktur JCB Indonesia Takumi Takahashi menjelaskan masyarakat ASEAN memiliki pandangan yang positif tentang Jepang dan sebaliknya. Maka dari itu, JCB percaya dapat memberikan kontribusi nilai yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Untuk memperkuat layanannya di kawasan Asia Tenggara, JCB juga mendirikan ASEAN Business Enhancement and Creation Department di Singapura pada Juni 2021 untuk menciptakan kesempatan-kesempatan bisnis baru.

"Hingga kini, JCB menggunakan citra merek Jepang untuk mengembangkan keanggotaan dan jaringan merchantnya," kata Takumi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 12 April 2022.


Ia mengaku berencana tidak hanya untuk lebih memperkuat konten Jepang untuk menarik pelanggan di Indonesia. "Tetapi juga untuk menciptakan keunggulan lebih lanjut melalui fungsi ASEAN Business Enhancement and Creation Department," kata Takumi.

Melalui ASEAN Business Enhancement and Creation Department, JCB dapat berkolaborasi dengan mitra global dan berinvestasi di startup dengan lebih leluasa. Sebagai wujud komitmennya memperluas kemitraan di Asia Tenggara, pada 13 Januari lalu, JCB telah berinvestasi pada Soft Space -perusahaan financial technology Malaysia.

Investasi sekitar USD5 juta pada Soft Space memberikan kesempatan kepada JCB mendapat lisensi untuk mengeluarkan kartu dan mengakuisisi merchant di Malaysia. Perangkat Tap on Mobile ini pun dalam waktu dekat akan segera tersambung dengan kartu kredit bisnis JCB.

Sebagai rencana jangka menengah hingga jangka panjang, JCB percaya bahwa mereka dapat memberikan nilai dan solusi pembayaran baru kepada pelanggan JCB, seperti bank dan pemegang kartu, dengan menggabungkan teknologi SoftSpace dengan bisnis JCB di masa depan.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id