OJK Dorong UMKM Gunakan Layanan Urun Dana sebagai Alternatif Pendanaan

    Eko Nordiansyah - 08 Juni 2021 13:19 WIB
    OJK Dorong UMKM Gunakan Layanan Urun Dana sebagai Alternatif Pendanaan
    Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) - - Foto: MI/ Ramdani



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa memanfaatkan penawaran efek melalui layanan urun dana berbasis teknologi atau securities crowdfunding (SCF) untuk pendanaan.

    Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan saat ini OJK telah memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan SCF melalui penerbitan Peraturan OJK (POJK) Nomor 57 Tahun 2020.

     



    "Setelah kami evaluasi, kegiatan ECF ini ternyata masih memiliki banyak keterbatasan, di antaranya jenis pelaku usaha harus berbadan hukum PT dan jenis efek yang dapat ditawarkan hanya berupa saham," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

    Ia menjelaskan POJK 57/2020 ini merupakan perubahan terhadap aturan Equity Crowdfunding (ECF) yang sebelumnya diatur dalam POJK Nomor 37 tahun 2018. Perubahan POJK ini bertujuan untuk memperluas pemanfaatan ECF oleh UMKM.

    "Perubahan ketentuan ini bertujuan untuk memperluas jenis pelaku usaha yang dapat terlibat dari sebelumnya hanya berbadan hukum PT sekarang juga badan usaha seperti CV, firma, dan koperasi dapat memanfaatkan pendanaan melalui urun dana," ungkapnya.

    Selain itu, POJK 57/2020 juga memperluas jenis efek yang dapat ditawarkan dari sebelumnya hanya berupa saham sekarang diperluas efek berupa obligasi atau sukuk. Disamping itu, OJK memberi kemudahan keterlibatan investor lokal.

    "Kebijakan ini juga diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para investor ritel khususnya yang berdomisili di daerah kedudukan UMKM yang menerbitkan SCF untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi di daerahnya masing-masing," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id