IHSG Diproyeksi 'Berlayar' di Area Positif

    Annisa ayu artanti - 24 Maret 2020 08:55 WIB
    IHSG Diproyeksi 'Berlayar' di Area Positif
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi menguat terbatas mengikuti bursa regional yang dibuka di zona positif. Adapun terbatasanya penguatan indeks disebabkan oleh minimnya sentimen positif baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

    Samuel Research Team mengatakan hingga kini Indonesia telah mengonfirmasi kasus positif virus korona sebanyak 579 kasus. Sebanyak 437 pasien dirawat, 49 orang meninggal dunia karena virus ini, dan sebanyak 30 orang pasien dinyatakan sembuh. Pagi ini indeks Nikkei Jepang diperdagangkan di zona positif 4,5 persen, sama halnya dengan Indeks Kospi menguat 3,22 persen.

    Sedangkan EIDO ditutup minus 7,52 persen pada Senin waktu setempat. Menurut Samuel Research Team ada beberapa data yang tengah ditunggu investor, di antaranya rilis data Markit PMI flash Amerika Serikat Maret 2020 dan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat kuartal IV-2019.

    Selain itu, investor juga menunggu stimulus quantitative easing dari bank sentral Amerika Serikat (the Fed) untuk mendorong perekonomian.

    Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan IHSG akan menguat terbatas hari ini. Penguatan didorong optimisme stimulus perekonomian terutama dari The Fed yang diperkirakan akan mendorong optimisme pasar. Dennies menjelaskan, investor akan terus memantau perkembangan virus korona karena virus tersebut saat ini merupakan katalis utama pergerakan pasar.

    "Namun pernguatan diperkirakan masih terbatas akibat penyebaran virus korona terutama dari dalam negeri dan volatilitas nilai tukar rupiah," ucapnya.

    Di sisi lain, saham-saham di Wall Street turun tajam pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB). Hal itu terjadi sekalipun Federal Reserve telah meluncurkan langkah-langkah baru yang luas dan lebih agresif untuk mendukung ekonomi yang terpukul akibat meluasnya wabah covid-19.

    Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 582,05 poin atau 3,04 persen menjadi 18.591,93. Indeks S&P 500 jatuh 67,52 poin atau 2,93 persen menjadi 2.237,40. Indeks Komposit Nasdaq ditutup berkurang 18,84 poin atau 0,27 persen menjadi 6.860,67.

    Sebanyak 10 dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir lebih rendah, dengan sektor energi terpuruk 6,65 persen, merupakan sektor berkinerja terburuk. Consumer discretionary menguat 0,35 persen, satu-satunya yang berhasil membukukan kenaikan di antara sektor-sektor lainnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id