2 Saham Bank Ini Tumbuh di Atas IHSG

    Angga Bratadharma - 15 September 2020 14:10 WIB
    2 Saham Bank Ini Tumbuh di Atas IHSG
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma
    Jakarta: Sektor perbankan adalah salah satu sektor yang cukup disoroti di tengah pandemi covid-19. Adapun data pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pada triwulan II-2020 sektor jasa keuangan mengalami penurunan sebesar minus 10,32 persen ketimbang kuartal sebelumnya.

    Meski demikian kondisi itu menjadi sesuatu yang wajar, karena berbagai kebijakan yang dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menekan beragam aktivitas dan mengakibatkan penurunan tingkat konsumsi dan investasi.

    Mengutip riset Lifepal, Selasa, 15 September 2020, meski menurut data BPS ada penurunan pertumbuhan pada sektor jasa keuangan, nyatanya ada emiten-emiten pada sub sektor jasa keuangan yang pergerakan harga sahamnya masih di atas performa indeks finance dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

    "Sebaliknya, ada pula yang performanya di bawah performa indeks tersebut," sebut riset Lifepal.

    Adapun dua emiten bank yang kinerjanya sanggup mengalahkan kinerja indeks finance yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). BCA didirikan pada 21 Februari 1957 dan kini mayoritas sahamnya dimiliki oleh Djarum. Sedangkan BRI adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    Berdasarkan indeks finance dari Januari 2015 sampai data terakhir pada 14 September 2020, BBCA mengalami kenaikan pergerakan harga sebesar kurang lebih 150,15 persen, sedangkan indeks finance hanya mampu mencatat pertumbuhan sebanyak 56 persen.

    Sedangkan pergerakan harga saham BRI menurut indeks finance dari Januari 2015 sampai data terakhir pada 14 September 2020, BBRI mengalami kenaikan pergerakan harga sebanyak 154,26 persen, sedangkan indeks finance hanya mampu mencatat pertumbuhan 56 persen.

    Lebih lanjut, riset Lifepal juga mengungkapkan, ada dua emiten perbankan BUKU IV yang mencatatkan kinerja pertumbuhan harga saham di atas IHSG namun masih di bawah indeks finance yaitu Bank Mandiri, BNI, dan CIMB Niaga. Namun ada juga bank yang kinerja pertumbuhan harga sahamnya di bawah IHSG maupun indeks finance, yaitu Bank Danamon dan Bank Panin.
     

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id