comscore

OJK Dorong Inovasi Investasi Berkelanjutan di Pasar Modal

Husen Miftahudin - 13 September 2021 22:48 WIB
OJK Dorong Inovasi Investasi Berkelanjutan di Pasar Modal
Ilustrasi. Foto: AFP/Adek Berry.
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama pelaku industri pasar modal terus berupaya melakukan inovasi serta pengembangan produk, sebagai upaya dalam mendukung implementasi penerapan prinsip keuangan berkelanjutan di industri pasar modal.

"Inovasi dan pengembangan produknya meliputi penerbitan efek bersifat utang dan/atau sukuk berkelanjutan (green bond), reksa dana yang berbasis investasi dengan konsep berkelanjutan (investasi hijau), serta sustainability index," ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen dalam siaran persnya, Senin, 13 September 2021.
Terkait hal tersebut, OJK menerapkan keuangan berkelanjutan di lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik dengan merilis Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 51/POJK.03/2013 tentang Penerapan Keuangan berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Beleid ini substansinya antara lain mewajibkan lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik untuk menerapkan keuangan berkelanjutan termasuk di dalamnya juga menyampaikan laporan berkelanjutan atau sustainability report kepada OJK sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen perusahaan terhadap SDGs, terutama bagaimana perusahaan mengelola risiko lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Kemudian mengeluarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 16/SEOJK.04/2021 tentang bentuk dan Isi Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik. SEOJK ini merupakan panduan bagi emiten dan perusahaan publik dalam menyusun laporan tahunan dan menyusun laporan berkelanjutan melalui pedoman teknis penyusunan laporan keberlanjutan bagi emiten dan perusahaan publik.

Di sisi lain, OJK mendorong penerbitan green bond dengan mengeluarkan POJK Nomor 60/POJK.04/2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (Green Bond). Hal ini untuk mendorong upaya penerbitan green bond oleh para pelaku usaha/bisnis.

"Dalam implementasinya, hingga saat ini sudah terdapat satu penawaran umum efek bersifat utang berwawasan lingkungan atau green bond di Indonesia," papar OJK dikutip dari laman instagram terverifikasi @ojkindonesia.

Selanjutnya, OJK mengeluarkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II (2021-2025). Penyusunan Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II dilakukan untuk mempercepat penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola di Indonesia.

"Roadmap tahap II berfokus pada penciptaan ekosistem keuangan berkelanjutan secara komprehensif, dengan melibatkan seluruh pihak terkait dan mendorong pengembangan kerja sama dengan pihak lain," jelas OJK.

OJK juga mendorong penerbitan indeks yang berorientasi environmental, social, and governance (ESG) dengan mendukung Bursa Efek Indonesia (BEI) dan para pelaku industri pasar modal lainnya untuk menerbitkan indeks yang berorientasi pada penguatan ESG.

Saat ini, sudah ada dua sustainability indeks, yakni indeks Sri Kehati dan indeks ESG Leaders (ESGL) yang diluncurkan oleh BEI pada 14 Desember 2020.

"Dengan kehadiran indeks Sri Kehati dan indeks berbasis ESG, diharapkan dapat menjadikan panduan bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasinya, khususnya pada saham-saham perusahaan tercatat yang berorientasi pada usaha-usaha keberlanjutan dan memiliki penilaian ESG yang baik," sebut OJK.

Adapun beberapa program di bidang pasar modal yang direncanakan OJK ke depannya antara lain, penerbitan Panduan Implementasi Keuangan Berkelanjutan di Pasar Modal, pengembangan inovasi produk keuangan berkelanjutan, pengembangan primary dan secondary market atas produk keuangan berkelanjutan.

"Serta pengembangan Tim Kerja (Task Force) Keuangan Berkelanjutan di Pasar Modal dengan bidang pengembangan antara lain produk, infrastruktur, pasar, standar dan regulasi, serta koordinasi antarlembaga," tutup OJK.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id