comscore

Belum Ada Katalis Positif, IHSG Diprediksi Melemah di Akhir Semester I

Annisa ayu artanti - 30 Juni 2022 08:58 WIB
Belum Ada Katalis Positif, IHSG Diprediksi Melemah di Akhir Semester I
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir semester satu ini diprediksi kembali melanjutkan pelemahan. Adapun pelemahan didorong oleh pergerakan bursa global serta minimnya sentimen dari dalam negeri, di tengah The Fed yang masih aktif menaikkan suku bunga.

Selain itu, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, investor juga kembali khawatir terhadap inflasi yang kembali memanas usai rilis data kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS) di bawah ekspektasi.

"IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal candlestick membentuk lower high dan lower low dengan stochastic melebar setelah membentuk dead cross mengindikasikan potensi pelemahan. Pelemahan diperkirakan akan mulai terbatas terlihat dari stochastic yang mulai memasuki area oversold," jelasnya, dalam riset hariannya, Kamis, 30 Juni 2022.
Baca: Ini Pengertian APBN, RAPBN, serta Proses Penyusunannya

IHSG akan bergerak pada level support 6.892-6.917 dan resistance 6.991-7.040. Ia menjelaskan, pada penutupan perdagangan semalam bursa saham Wall Street ditutup bercampur dengan mayoritas indeks terkoreksi. Dow Jones ditutup positif 0,29 persen, Nasdaq ditutup terkoreksi tipis 0,03 persen, serta S&P 500 ditutup melemah 0,07 persen.

Menurutnya, investor tengah berhati-hati menuju akhir kuartal yang suram. Dari S&P 500 lima sektor melemah hari ini, dengan saham sektor energi mengalami penurunan persentase terbesar. Sedangkan sektor kesehatan memimpin kenaikan.

Pejabat Federal Reserve dalam beberapa hari terakhir telah menegaskan kembali tekad mereka untuk mengendalikan inflasi, menetapkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin kedua berturut-turut pada bulan Juli, sambil mengungkapkan keyakinan pengetatan moneter tidak akan mengarahkan ekonomi ke dalam resesi.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id