Taspen Manfaatkan Turunnya Harga Saham

    Annisa ayu artanti - 17 Maret 2020 14:47 WIB
    Taspen Manfaatkan Turunnya Harga Saham
    Taspen akan ikut buyback saham. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo
    Jakarta: PT Taspen (Persero) juga berencana masuk ke pasar saham dan memanfaatkan harga saham yang tengah turun akibat dampak dari penyebaran virus korona (covid-19).

    Direktur Utama Taspen ANS Kosasih mengatakan masuknya perusahaan ke pasar saham saat ini bukan semata-mata urusan komitmen pelayanan. Tetapi, perusahaan melihat saat ini merupakan waktu terbaik untuk membeli saham dengan harga murah.

    "Pasar sudah turun dalam sekali jadi Taspen melihat bahwa ini momentum bagus untuk bottom fishing alias membeli di harga murah," kata Kosasih di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.

    Namun sayangnya, Kosasih belum mau merinci dana yang akan digelontorkan untuk menjalankan aksi tersebut. Ia hanya membeberkan untuk mulai memborong saham yang memiliki fundamental kuat serta tidak mudah terpapar oleh isu global.

    "Melihat merosotnya nilai rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ini saat yang baik untuk mulai borong saham yang fundamentalnya masih kuat dan industrinya belum sunset," jelas dia.

    Selain memborong saham, Kosasih juga menambahkan, perusahaan juga akan melirik instrumen fixed income karena beberapa instrumen fixed income tetap menarik untuk menjadi sarana investasi.

    Sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan alias BPJamsostek, Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI), dan Asosiasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan (ADPLK) menyatakan akan memanfaatkan diskon harga saham yang terjadi saat ini untuk mengakumulasi pembelian saham.

    Ketiga lembaga tersebut memandang kondisi pasar modal dalam negeri yang sedang menurun ini sebagai momentum baik untuk membeli dan memperbanyak portofolio saham.

    Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto menyampaikan kondisi pasar seperti ini bergantung bagaimana perspektif setiap orang. BPJS Ketenagakerjaan menilai kondisi pasar yang lesu saat ini sebagai peluang baik untuk masuk berinvestasi.  

    "Momen seperti ini bisa dimanfaatkan untuk membeli barang bagus dengan harga yang murah. Tentunya dengan tetap memastikan terlebih dahulu kondisi fundamental dari emiten," kata Agus.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id