Peluang IHSG Menguat Masih Terbatas

    Ade Hapsari Lestarini - 22 Juni 2020 08:41 WIB
    Peluang IHSG Menguat Masih Terbatas
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan berpeluang menguat. Namun demikian, pergerakannya masih akan terbatas.

    "Kami perkirakan IHSG masih berpeluang menguat walau terbatas," ujar tim analis Samuel Sekuritas Indonesia dalam hasil risetnya, Senin, 22 Juni 2020.

    Sementara itu pagi ini indeks Nikkei Jepang bergerak melemah 0,5 persen dan indeks Kospi Korea Selatan bergerak flat.

    Indeks Dow Jones pada Jumat pekan lalu akhirnya ditutup turun -0,8 persen setelah sempat menguat di atas 1,4 persen di awal perdagangan. Sementara S&P 500 turun 0,5 persen dan Nasdaq bergerak flat.

    Penurunan dipicu oleh berita mengenai rencana Apple untuk menutup kembali 11 toko di North Carolina dan Arizona karena kembali meningkatnya kasus positif covid-19 yang mencapai angka harian tertinggi di semua lokasi tersebut, di samping California dan Texas. Hal ini menyebabkan peluang pemulihan ekonomi AS di semester dua tahun ini menjadi lebih pesimistis.

    Sementara itu IHSG ditutup naik 0,35 persen ke level 4.942,3 pada penutupan Jumat lalu. Namun investor asing mencatatkan net sell yang cukup tinggi pada pasar reguler yaitu sebesar Rp661 miliar. Selama minggu lalu IHSG menguat 1,2 persen, namun mencatatkan net sell asing sebesar Rp2,8 triliun.

    Pada pasar minyak, WTI naik 2,3 persen menjadi USD39,75 per barel. Sedangkan minyak Brent menguat 1,6 persen ke USD40,98 per barel seiring dengan pertemuan komite pengawasan OPEC. Harga minyak telah naik lebih dari 10 persen minggu lalu.

    Di sisi lain, indeks dolar menguat 0,2 persen ke 97,58 dan harga emas kembali menguat 1,3 persen ke USD1.753 per troy ounce. Sedangkan US 10-yr Treasury note yield bergerak flat di 0,7 persen. Harga CPO juga naik tajam 4,38 persen menjadi 2.503 ringgit Malaysia per ton.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id