Asosiasi Fintech Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat UMKM

    Ilham wibowo - 03 September 2020 15:34 WIB
    Asosiasi Fintech Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat UMKM
    Ilustrasi fintech lending - - Foto: Medcom
    Jakarta: Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI) siap berkontribusi dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dukungan tersebut dilakukan melalui penyaluran stimulus ekonomi via digital bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

    Ketua Umun AFPI Adrian Gunadi mengatakan sebanyak 159 fintech menyalurkan pembiayaan sebesar Rp116 triliun di sektor konsumtif maupun produktif dalam empat tahun terakhir. Pertumbuhan penyaluran tersebut telah mencapai 130 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

    "Bagaimana kehadiran perusahaan fintech lending ini dalam kegiatan pendanaan baik konsumtif maupun produktif di sektor UMKM punya peranan penting dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional," kata Adrian dalam seminar nasional daring, Kamis, 3 September 2020.

    Menurut Adrian selama menghadapi pandemi covid-19, industri fintech lending jadi pilihan masyarakat terutama dalam pemanfaatan less contacts ekonomi. Keunikan di fitur fintech lending mempermudah akses penyaluran modal bagi masyarakat.

    "Kehadiran kami cukup unik, kami kolaborasi dengan berbagai ekosistem baik dengan perbankan,  e-commerce, transportasi, dan agritech. Tentu ini contoh menarik dan patut dipertimbangkan membantu pemulihan ekonomi nasional secara efektif," ungkap dia.

    Ia menambahkan kemampuan mengolah data analitik di industri fintech lending dapat membantu pemulihan pelaku UMKM di Indonesia yang mencapai 65 juta.

    "Harapan kami penyelenggara fintech lending di Indonesia bisa mendapatkan official endorsement dari Pemerintah untuk berperan serta dan berperan aktif dalam membantu pemulihan ekonomi nasional. Sehingga dampak yang telah kami lakukan bisa lebih besar dan pemulihan bisa berjalan lebih cepat," pungkasnya.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id