IHSG Berpotensi Menguat Terbatas

    Annisa ayu artanti - 12 Mei 2020 10:01 WIB
    IHSG Berpotensi Menguat Terbatas
    Iilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat terbatas pada perdagangan hari ini.

    Penguatan tersebut didorong oleh pemberlakuan peraturan baru yakni Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Program PEN) yang merupakan serangkaian upaya pemulihan ekonomi nasional dari pandemi.

    Samuel Research Team dalam riset hariannya yang dikutip Medcom.id, Selasa, 12 Mei 2020 menyatakan salah satu di antaranya pemerintah menyuntikkan likuiditas pada perbankan agar dapat mendorong menyalurkan kredit.

    Selain itu dari sektor pertambangan, DPR juga telah mengesahkan RUU Minerba sehingga akan memberi jaminan perpanjangan kontrak atau perjanjian.

    "Kami proyeksi IHSG dapat melanjutkan penguatan namun cenderung terbatas," sebut tim riset.

    Selain merespons aturan terbaru, hari ini investor juga akan menunggu rilis data penjualan ritel Maret 2020. Perkiraan pertumbuhan ritel Maret akan turun lebih dalam mencapai -5,2 persen semenjak diberlakukan aturan social distancing.

    Adapun, pertumbuhan ritel Indonesia telah menunjukkan angka negatif sejak akhir tahun lalu, yaitu pada Desember -0,5 persen, pada Januari -0,3 persen, dan Februari -0.8 persen.

    Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper memprediksi indeks akan melemah pada perdagangan hari ini. Indeks akan bergerak di level support 4.570-4.605 dan resistance 4.667-4.694.

    "IHSG diprediksi melemah. Pergerakan diperkirakan masih akan terbatas dikarenakan minimnya sentimen. Investor masih akan cenderung wait and see menanti perkembangan terkait pemulihan perekonomian," jelasnya.

    Selain itu, Dennies juga melihat potensi kembali meluasnya penyebaran virus korona (covid-19) di Tanah Air masih belum mereda.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id