Ramadan, BEI Bakal Luncurkan Indeks Saham Syariah Baru

    Annisa ayu artanti - 07 April 2021 19:20 WIB
    Ramadan, BEI Bakal Luncurkan Indeks Saham Syariah Baru
    IHSG. Foto : Medcom.id/Angga B.



    Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana meluncurkan indeks saham syariah baru yang bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yakni IDX MES pada bulan Ramadan.

    "Di 29 April 2021 kita berencana bersama MES meluncurkan indeks baru ini yaitu IDX MES BUMN 17," kata Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dalam diskusi virtual, Rabu, 7 April 2021.






    Ia menjelaskan IDX MES BUMN 17 akan berisi 17 saham-saham terbaik BUMN yang termasuk dalam efek syariah, yang telah diseleksi secara ketat dari sisi kinerja dan pengawasan.

    Saat ini BEI telah memiliki tiga indeks saham syariah yakni Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII), dan JII30. Kinerja ketiga indeks saham tersebut menunjukkan performa yang bagus di tiap tahunnya, sehingga diharapkan keberadaan indeks baru disambut baik oleh pengelola dana, manajer investasi serta investor.

    "Tentu harapannya sama, melengkapi tiga indeks saham syariah yang baru ada sebelumnya," ujarnya.

    Di samping itu, Hasan mengatakan BEI tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan indeks saham syariah yang lebih bersifat tematik seperti Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG). Menurutnya, dengan adanya indeks saham syariah dengan tema tersebut akan memberikan pilihan bagi investor.

    "Kedepannya kita juga sedang mengolah indeks dengan tema-tema baru, ada satu indeks saham syariah lagi yang akan kita kembangkan bertema Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG)," pungkasnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id