OJK Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan Perempuan

    Husen Miftahudin - 25 April 2021 16:23 WIB
    OJK Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan Perempuan
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong inklusi dan literasi keuangan perempuan guna meningkatkan peran mereka dalam menggenjot pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan.

    "Sebagai seorang ibu dan pengelola keuangan keluarga, perempuan wajib memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap produk dan layanan keuangan," ucap Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot dikutip dari instagram terverifikasi @ojkindonesia, Minggu, 25 April 2021.

     



    Sekar mengakui bahwa Otoritas Jasa Keuangan menyadari pentingnya edukasi keuangan agar literasi dan inklusi keuangan perempuan meningkat. Sehingga, peran perempuan akan semakin optimal dalam meningkatkan kesejahteraan rumah tangganya.

    "Hingga pada akhirnya peran perempuan tersebut dapat berkontribusi positif pada peningkatan taraf hidup bangsa," harap Sekar.

    Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional 2019, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia mencapai sebesar 38,03 persen. Sementara tingkat inklusi keuangannya mencapai 76,19 persen.

    Bila dirinci berdasarkan gender, tingkat literasi keuangan laki-laki sebesar 39,94 persen, sedangkan tingkat literasi keuangan perempuan hanya sebesar 36,13 persen. Untuk tingkat inklusi keuangan, laki-laki sebesar 77,24 persen dan perempuan sebesar 75,15 persen.

    "Meskipun kecil, tetapi masih ada gap antara perempuan dan laki-laki dalam hal tingkat literasi dan inklusi keuangan," paparnya.

    Sekar mengungkapkan bahwa kelompok perempuan merupakan salah satu dari segmen sasaran Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Meski pandemi covid-19, tidak menyurutkan langkah regulator untuk memberikan edukasi kepada perempuan.

    Selama 2020, OJK melakukan sekitar 350 kegiatan edukasi keuangan dengan menjangkau lebih dari 85 ribu peserta yang antara lain kelompok milenial, UMKM, ibu rumah tangga, petani, nelayan, dan masyarakat umum lainnya.

    "Selain itu, OJK juga meningkatkan peran kanal digital dalam melakukan edukasi keuangan melalui aplikasi Yuk Sikapi Uangmu untuk informasi pengelolaan keuangan, aplikasi Lokasiku untuk mengetahui lokasi lembaga jasa keuangan terdekat, serta minisite edukasi keuangan di sikapiuangmu.ojk.go.id," tutup Sekar.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id