Siaga Pandemi, Pertumbuhan Penjualan Ritel Unilever Naik 1,7%

    Ade Hapsari Lestarini - 23 Oktober 2020 15:58 WIB
    Siaga Pandemi, Pertumbuhan Penjualan Ritel Unilever Naik 1,7%
    Foto: AFP.
    Tangerang: PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengumumkan laporan kinerja keuangan untuk tahun berjalan September 2020 (tidak diaudit).

    Pada tahun berjalan September 2020, perseroan mencatat penjualan bersih sebesar Rp32,4 triliun, atau tumbuh 0,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan domestik sebesar 0,8 persen.

    Di tengah pandemi berkepanjangan, pasar yang terkontraksi, serta tantangan yang semakin berat, perseroan mampu terus berkembang dengan mencatat peningkatan positif pada penjualan ritel domestik (tanpa UFS) sebesar 1,7 persen pada tahun berjalan September 2020.

    Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan penjualan produk kesehatan dan kebersihan, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan selama pandemi.

    Sementara, Unilever Food Solutions (UFS) yang merupakan unit Business to Business (B2B) perusahaan yang melayani hotel dan restoran masih mengalami penurunan, meskipun ada tanda-tanda perbaikan dengan adanya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bertahap di berbagai daerah di Indonesia.

    Baca: Kuartal III, Laba Unilever Turun Tipis Jadi Rp5,4 Triliun

    Di tahun berjalan September 2020, Perseroan juga mencatat laba bersih sebesar Rp5,4 triliun. Hasil ini dicapai dengan adanya langkah-langkah optimalisasi dalam beberapa aspek, di antaranya dengan mendengarkan dan menjawab kebutuhan konsumen melalui inovasi yang dieksekusi secara gesit untuk mendorong penjualan dan juga pengetatan biaya operasional.

    "Di tengah pandemi yang berkepanjangan, kami tetap konsisten berfokus pada tiga hal yaitu memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan, menjawab kebutuhan konsumen dan pelanggan, serta terus berkontribusi pada masyarakat Indonesia. Meskipun sulit untuk memprediksi berapa lama pandemi ini akan berlangsung, prioritas kami tetap sama dan konsisten, yaitu membangun bisnis yang mampu bersaing di masa sulit seperti ini," ungkap Presiden Direktur Unilever Indonesia Hemant Bakshi, dalam keterangan resminya, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Hemant menyebutkan, pada kuartal III-2020, perseroan meluncurkan berbagai inovasi yang relevan untuk menjawab kebutuhan konsumen di tengah pandemi ini, di antaranya Rinso Laundry Disinfektan, Vixal Bleach Disinfektan dan Molto Fabric Spray. Di kategori Ice Cream, perseroan berinovasi untuk konsumsi di rumah seperti Walls Unicornetto Mini Pack.

    Selain itu perseroan juga mempersiapkan pilihan produk yang menyesuaikan dengan daya beli dalam masa pandemi ini.

    "Komitmen dan optimisme perseroan tetap kuat dalam pandemi yang berkepanjangan ini. Kami yakin bahwa dengan memperkuat daya saing di lintas kategori dan channel, kami berada di jalur yang tepat untuk tetap menjadi yang terdepan di saat ini dan masa mendatang," tutup Hemant.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id