Kurs Rupiah Landai, Ini Penyebabnya

    Antara - 03 Mei 2021 17:08 WIB
    Kurs Rupiah Landai, Ini Penyebabnya
    Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.



    Jakarta: Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan ditutup melemah tipis, dibayangi kenaikan kasus covid-19 global.

    Rupiah ditutup melemah lima poin atau 0,03 persen ke posisi Rp14.450 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.445 per USD.






    "Pasar keuangan dibayangi oleh kekhawatiran lonjakan kasus covid-19 di dunia yang bisa menghambat pemulihan ekonomi. Kekhawatiran menahan penguatan rupiah di akhir pekan lalu dan menekan rupiah hari ini," kata Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra, dilansir dari Antara, Senin, 3 Mei 2021.

    Di sisi lain, lanjut Ariston, pemulihan ekonomi yang mulai nampak di sebagian negara di dunia, termasuk Indonesia, masih memberikan optimisme ke pelaku pasar. Data PMI manufaktur dari Markit menunjukkan kenaikan aktivitas manufaktur selama April dibandingkan Maret.

    "Tingkat inflasi April pun relatif stabil dibandingkan bulan sebelumnya. Ini yang menahan pelemahan hari ini," ujar Ariston.

    Indeks dolar yang mengukur kekuatan dolar terhadap mata uang lainnya saat ini berada di posisi 91,26, turun dibandingkan posisi penutupan sebelumnya 91,28.

    Analis Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto mengatakan, hari ini rupiah sedikit melemah tapi secara umum masih cukup stabil.

    "Hari ini rilis data inflasi relatif sejalan dengan ekspektasi, dan pasar masih menunggu publikasi data GDP Rabu besok," ujar Rully.

    Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.460 per USD. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.450 per USD hingga Rp14.475 per USD.

    Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia pada Senin melemah menjadi Rp14.467 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.453 per USD.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id