BI Dorong Masyarakat-Pelaku Usaha Sulut Gunakan QRIS

    Antara - 18 Juni 2021 10:02 WIB
    BI Dorong Masyarakat-Pelaku Usaha Sulut Gunakan QRIS
    Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR



    Manado: Bank Indonesia (BI) mendorong masyarakat dan pelaku usaha yang beraktivitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam transaksi. Dorongan itu dengan harapan mendorong laju bisnis di tengah optimalisasi ekonomi digital di Indonesia.

    "Kami mendorong pemanfaatan platform penjualan daring termasuk penggunaan QRIS untuk digitalisasi ekonomi di Sulut," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, dilansir dari Antara, Jumat, 18 Juni 2021.

     



    Apalagi, kata dia, dengan adanya pandemi covid-19 saat ini akan lebih baik dan aman jika bertransaksi menggunakan QRIS. "Hal ini pula untuk mendorong digitalisasi ekonomi di Sulut karena telah menjadi permintaan di era saat ini," tuturnya.

    Dia menjelaskan QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

    Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

    Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

    Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id