comscore

Joss! Penyaluran Pinjaman Fintech Lending ke UMKM Capai Rp13,2 Triliun

Husen Miftahudin - 18 Mei 2022 13:11 WIB
Joss! Penyaluran Pinjaman <i>Fintech Lending</i> ke UMKM Capai Rp13,2 Triliun
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong penyaluran pinjaman fintech lending kepada sektor produktif, seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Per Maret 2022, total outstanding penyaluran pinjaman fintech lending ke UMKM telah mencapai Rp13,2 triliun atau 36 persen dari total outstanding pinjaman fintech lending.

Secara total, jumlah outstanding penyaluran pinjaman fintech lending mencapai Rp36,6 triliun dengan jumlah penerima pinjaman sebanyak 12,8 juta rekening. Terdiri dari penerima perseorangan sebanyak Rp31,3 triliun dengan 12,8 juta rekening dan badan usaha sebesar Rp5,3 triliun dengan 21,7 ribu rekening.
Ditilik lebih lanjut, penyaluran pinjaman ke perseorangan terdiri dari UMKM yang mencapai sebanyak Rp9,5 triliun dengan 3,1 juta rekening. Kemudian non UMKM sebesar Rp21,8 triliun dengan 9,7 juta rekening.

Sedangkan penyaluran pinjaman ke badan usaha terdiri dari UMKM sebanyak Rp3,7 triliun dengan 2,5 ribu rekening. Sementara ke non UMKM sebesar Rp1,6 triliun dengan 19,2 ribu rekening.

"Sehingga, total penyaluran pinjaman fintech lending ke UMKM Rp13,2 triliun atau 36 persen dari total pinjaman. Sedangkan total jumlah rekening UMKM sebanyak 3,1 juta rekening atau 24 persen dari total rekening," jelas OJK dikutip dari laman Instagram terverifikasi @ojkindonesia, Rabu, 18 Mei 2022.

Di sisi lain, jumlah penyaluran pinjaman fintech lending di Jawa mencapai Rp18,5 triliun dengan jumlah penerima pinjaman (akun) sebanyak 13,51 juta. Sedangkan di Luar Jawa sebesar Rp4,4 triliun dengan jumlah penerima pinjaman 3,52 juta akun.

OJK menyampaikan penyaluran pinjaman fintech lending ke luar Jawa mencapai 24 persen dari total pinjaman sepanjang Maret 2022.

"Hadirnya fintech lending diharapkan menjadi salah satu alternatif pendanaan untuk mendorong UMKM dan sektor produktif di Indonesia, terutama yang berada di luar Pulau Jawa," tutup OJK.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id