IHSG Masih Berpotensi Rebound

    Annisa ayu artanti - 04 Agustus 2020 09:48 WIB
    IHSG Masih Berpotensi <i>Rebound</i>
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih memiliki peluang rebound di tengah bayang-bayang resesi global.

    Analis NH Korindo Sekuritas mengatakan resesi yang telah melanda berbagai negara, serta kebijakan pembatasan wilayah atau lockdown yang kembali diberlakukan di berbagai kawasan menimbulkan kekhawatiran bagi para pelaku pasar.

    Sementara dari dalam negeri, pelemahan IHSG pada perdagangan kemarin disebabkan oleh keluarnya dana asing yang mencapai Rp1,4 triliun.

    "Adapun hari ini IHSG masih berpeluang untuk rebound setelah masih berhasil ditutup di atas level psikologi 5.000," kata Analis dalam riset hariannya, Selasa, 4 Agustus 2020.

    Sementara itu untuk indeks global, Dow Jones masih melanjutkan penguatan pada perdagangan 3 Agustus 2020 menyusul pengumuman data PMI yang naik ke angka 54,2 atau menandakan peningkatan aktivitas manufaktur.

    Sedangkan untuk indeks Nasdaq kembali mencetak rekor tertinggi seiring dengan masih berlanjutnya reli saham-saham berbasis teknologi.

    Sebelumnya, Analis Anugerah Mega Investama Hans Kwee memprediksi pergerakan Indeks Harga Saham (IHSG) di awal pekan depan akan tertekan. Hal ini terjadi utamanya lantaran pasar khawatir adanya ancaman resesi global.
     
    "Awal pekan indeks kita akan tertekan turun ya kalau kita perhatikan karena memang global lagi khawatir kemungkinan ancaman resesi global yang semakin nyata dengan keluarnya pertumbuhan ekonomi yang negatif. Ekonomi negatif di Eropa -12 persen itu agak mengejutkan, juga Amerika Serikat yang minus 32,9 persen di kuartal II-2020," ujar Hans yang dilansir dari Media Indonesia.

    Selain itu, harga emas yang terus bergerak naik juga menjadi sentimen negatif pergerakan IHSG pekan depan. Karena pasar tengah khawatir adanya risiko global tersebut. Ditambah ancaman konflik Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang semakin panas.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id