BEI: Ada Tanggung Jawab Moral sebagai Influencer Saham

    Annisa ayu artanti - 05 Januari 2021 17:03 WIB
    BEI: Ada Tanggung Jawab Moral sebagai <i>Influencer</i> Saham
    BEI. Foto : Medcom/Angga.
    Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara mengenai public figure yang belakangan ini mengumbar keberhasilannya dalam berinvestasi saham. Mereka langsung mengajak follower-nya untuk membeli saham tertentu melalui akun media sosialnya.

    Terkait hal ini, Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan pihak bursa akan melakukan diskusi dengan para influencer tersebut.

    Sebab, meskipun ajakan berinvestasi merupakan kegiatan yang sangat positif dan sejalan dengan misi BEI, tetapi ada tanggung jawab moral kepada para pengikut media sosial mereka.

    "Kita akan ajak diskusi para influencer ini untuk diskusi, di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka, namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para follower-nya," kata Laksono di Jakarta, Selasa, 5 Januari 2021.

    Laksono juga menuturkan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang dikecewakan. BEI pun menyarankan para influencer tersebut mengikuti Sekolah Pasar Modal yang diadakan oleh bursa.

    "Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," ucapnya.

    Baru-baru ini Raffi Ahmad dan Ari Lasso keduanya merekomendasikan kepada para follower untuk berinvestasi saham, khususnya di saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

    Raffi mengatakan, ia telah menginvestasikan tabungannya di perusahaan tersebut dan sudah memperoleh cuan.

    "Jadi MCAS ini yang bergerak di bidang IT, kalau kalian ingin melihat di bursa efek namanya MCAS. Nah uang yang gue taruh selama dua tiga minggu ini sudah naik 20 menuju 30 persen," ucap Raffi.

    Sementara, itu Ari Lasso menyarankan teman seprofesinya untuk membeli saham MCAS. Dalam video yang diunggah dalam instagram pribadinya itu ia mengaku tidak di-endorse.

    "Nah di masa pandemi ini ada satu saham yang menarik dari PT M Cash Integrasi, kode sahamnya MCAS. Ini dalam berapa bulan ini signifikan banget peningkatannya. Ini bukan endorse, ini bukan apapun. Saya ingin berbagi agar memiliki kesadaran investasi di instrumen yang tepat," tutur Lasso.

    Tak hanya kedua artis tersebut, sebelumnya public figure Ustadz Yusuf Mansur dan anak Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep juga merekomendasikan saham-saham perusahaan BUMN.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id