Target 6.570, IHSG Sepanjang November Diprediksi Melemah Terbatas

    Angga Bratadharma - 04 November 2021 12:09 WIB
    Target 6.570, IHSG Sepanjang November Diprediksi Melemah Terbatas
    Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO



    Jakarta: PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada November 2021 bergerak melemah terbatas karena sudah mengalami kenaikan selama lima bulan terakhir ini. Namun, beberapa katalis positif yang salah satunya window dressing akan menahan pelemahan tersebut.

    "Pada akhir Oktober 2021, IHSG ditutup di level 6.591. Proyeksi IHSG untuk November 2021 akan bergerak melemah terbatas dengan target IHSG berada di level 6.570," sebut Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina, dalam Mirae Asset Media Day bertajuk 'Pasca Reli, Pergerakan IHSG Terbatas', Kamis, 4 November 2021.

     



    Level support IHSG, tambahnya, berada di kisaran 6.394 hingga 6.504. Sementara itu, level resisten IHSG berada direntang 6.693 hingga 6.846. "Secara teknikal, kami memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 6.394 hingga 6.693 pada November, dan diperkirakan melemah terbatas dengan target di level 6.570 pada bulan ini," ucapnya.

    Adapun beberapa faktor penggerak IHSG di November ini, masih kata Martha, yakni data ekonomi domestik dan global, pemberlakukan tapering oleh Federal Reserve, positifnya laporan keuangan emiten di kuartal III-2021, dan adanya window dressing yang dilakukan oleh para investor jelang akhir tahun.

    Pemulihan ekonomi

    Dalam empat bulan terakhir atau sejak Juni hingga kemarin, Rabu, 3 November, pemulihan ekonomi nasional disikapi positif oleh masyarakat, tercermin dari penguatan IHSG yang melonjak hingga 9,47 persen. Martha mengatakan hingga akhir 2021 investor masih memiliki ruang pertumbuhan dengan potensi penguatan IHSG hingga 6.800.

    "Meskipun akan mengalami konsolidasi pada bulan ini," jelasnya.

    Mengantisipasi pelemahan pasar di November, lanjutnya, Martha dan Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta merekomendasikan saham-saham kapitalisasi besar yang dapat menjadi pilihan investor seperti sektor perbankan, industri manufaktur, dan infrastruktur.

    "Prediksi tersebut mengingat dari sisi makroekonomi, kinerja PMI manufaktur global selama 16 bulan masih ekspansi, per Oktober 2021 tercatat naik menjadi 54,3 dan domestik mencetak rekor tertinggi 57,2," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id