Sampai Akhir Juni, BCA Sudah Restrukturisasi Rp69,3 Triliun

    Annisa ayu artanti - 27 Juli 2020 18:39 WIB
    Sampai Akhir Juni, BCA Sudah Restrukturisasi Rp69,3 Triliun
    Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
    Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat hingga 30 Juni 2020 BCA sudah melakukan restrukturisasi 12 persen dari portofolio kredit perseroan.

    Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyebutkan total nilai transaksi tersebut sebesar Rp69,3 triliun.

    "BCA fokus mendukung nasabah untuk menghadapi kondisi perlambatan bisnis dengan memberikan restrukturisasi kredit secara selektif pada berbagai segmen," kata Jahja dalam konferensi pers virtual, Senin, 27 Juli 2020.

    Ia menjelaskan, selama Maret hingga Juni 2020 BCA telah memproses pengajuan restrukturisasi kredit sebesar Rp115 triliun atau sekitar 20 persen dari total portofolio kredit yang berasal dari 118 ribu nasabah.

    Lebih lanjut, ia menambahkan, di paruh kedua BCA masih melihat kemungkinan peningkatan restrukturisasi yakni sekitar 20 sampai 30 persen dari portofolio kredit BCA.

    "Kami melihat adanya kemungkinan peningkatan kredit yang direstrukturisasi hingga 20 sampai 30 persen dari total portofolio kredit, yang berasal dari 200 ribu-250 ribu nasabah," ujarnya.

    Oleh karena itu, lanjut Jahja, ia mendukung rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperpanjang program restrukturisasi. Menurutnya dengan perpanjangan program tersebut perbankan bisa bebenah mengatur kembali cash flow dan profitabilitas.

    "Kalau perpanjangan kita harapkan sekali bisa dilakukan. Perpanjangan relaksasi ini agar bank cukup waktu untuk bebenah menghitung kapasitas nasabah, mana yang di-CKPN-kan (Cadangan Kerugian Penurunan Nilai) mana yang tidak. Jadi saya mendukung usulan itu," tukasnya.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id