Bank Bakal Dapat Bunga 1,5% untuk Penempatan GWM di BI

    Husen Miftahudin - 03 Juni 2020 16:31 WIB
    Bank Bakal Dapat Bunga 1,5% untuk Penempatan GWM di BI
    Bank Indonesia. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) akan memberikan jasa giro bagi Giro Wajib Minimum (GWM) perbankan yang ditempatkan di bank sentral. Hal ini merupakan tindak lanjut atas keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Mei 2020 lalu.

    Dengan demikian, penempatan GWM bank-bank di BI akan mendapatkan suku bunga simpanan sebesar 1,5 persen. Sebelumnya, penempatan GWM perbankan di bank sentral tidak mendapatkan bunga simpanan.

    "Bank Indonesia akan memberikan jasa giro bagi GWM dari bank-bank di BI, yang sekarang tidak ada suku bunga kami akan berikan suku bunga 1,5 persen. Kami akan berlakukan kepada semua bank," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu, 3 Juni 2020.

    Dalam pertimbangannya, pemberian jasa giro GWM dalam bentuk suku bunga sebesar 1,5 persen kepada semua bank merupakan dukungan Bank Indonesia terhadap pemulihan ekonomi. Dalam hal ini, tegas Perry, bank sentral tidak hanya melonggarkan likuiditas bank, tetapi juga mengurangi beban secara bersama-sama akibat pandemi covid-19 (burden sharing).

    "Bank Indonesia siap untuk mendukung penuh dengan berbagai instrumen kebijakan kami, dan juga bagaimana kita sama-sama gotong royong untuk mendukung pemulhan ekonomi lebih lanjut," ungkap Perry.

    Berdasarkan hasil keputusan RDG pada 18-19 Mei 2020 lalu, Bank Indonesia akan terus memastikan kecukupan likuitas di pasar uang dan perbankan dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Utamanya dalam rangka restrukturisasi kredit perbankan.

    Sejak awal 2020, Bank Indonesia telah melakukan injeksi likuiditas ke pasar uang dan perbankan hingga mencapai Rp583,5 triliun. Antara lain melalui pembelian SBN dari pasar sekunder, penyediaan likuiditas perbankan melalui transaksi term-repo SBN, swap valas, serta penurunan GWM Rupiah.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id