Tindaklanjuti Rekomendasi DPR, Erick Pastikan Keamanan Polis Nasabah Jiwasraya

    Suci Sedya Utami - 30 November 2020 22:01 WIB
    Tindaklanjuti Rekomendasi DPR, Erick Pastikan Keamanan Polis Nasabah Jiwasraya
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti rekomendasi panitia kerja (panja) DPR RI perihal kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

    Dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Erick mengatakan negara hadir untuk memastikan para nasabah Jiwasraya yang menjadi korban dalam salah kelola perusahaan BUMN tersebut. Erick bilang pihaknya akan menindaklanjuti seluruh arahan dari Panja.

    "Negara hadir dan memastikan keamanan polis untuk nasabah Jiwasraya," kata Erick di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 30 November 2020.

    Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panja Jiwasraya Arya Bima mengatakan ada beberapa opsi yang direkomendasikan Panja untuk menyelamatkan polis nasabah Jiwasraya. Pertama opsi restrukturisasi, opsi ini merupakan pilihan Panja dengan mempertimbangkan aspirasi para pemegang polis.

    Selain itu ada opsi lainnya yakni bailout dan likuidasi. Namun kedua opsi itu bukan pilihan yang tepat dan akan berimbas kepada kerugian besar terutama bagi para nasabah Jiwasraya.

    Menurut politikus PDIP ini, opsi bailout tidak dapat diterapkan lantaran tidak memiliki dasar hukum. Sehingga, jika hal itu dipaksakan tentu akan berisiko bagi pemangku kebijakan.
     
    Sedangkan opsi likuidasi, diperkirakan akan menciptakan ketidakpastian untuk pengembalian dana nasabah. Bahkan imbas buruknya, opsi likuidasi akan memberi dampak buruk pada aspek sosial, politik dan ekonomi nasional.
     
    "Makanya yang kita pilih adalah opsi restrukturisasi dengan skema bail in ke IFG," tutur Aria.
     
    Restrukturisasi penyelamatan polis nasabah Jiwasraya ini akan memindahkan polis nasabah Jiwasraya kepada perusahaan IFG Life setelah dilakukan penyesuaian manfaat. IFG Life sendiri merupakan anak perusahaan Indonesia Financial Group (IFG) yang merupakan holding perusahaan asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id