Indosat-Tri Resmi Merger, Saham yang Terdaftar di BEI Tetap Berkode ISAT

    Annisa ayu artanti - 17 September 2021 11:28 WIB
    Indosat-Tri Resmi Merger, Saham yang Terdaftar di BEI Tetap Berkode ISAT
    Ilustrasi. Foto: dok.MI



    Jakarta: PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) resmi melakukan penggabungan bisnis atau merger. Ooredoo Q.P.S.C dan CK Hutchison Holdings Limited telah sepakat melakukan transaksi definitif.

    Namun, perusahaan hasil merger yang diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk tetap akan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode ISAT.

     



    Ooredoo Group saat ini memiliki 65 persen saham dan kendali atas Indosat Ooredoo lewat Ooredoo Asia, sebuah perusahaan induk yang dimiliki sepenuhnya.

    Penggabungan Indosat dan H3I akan menyebabkan CK Hutchison menerima saham baru di Indosat Ooredoo hingga 21,8 persen dari Indosat Ooredoo Hutchison.

    Lalu, pada saat yang sama, PT Tiga Telekomunikasi akan menerima saham baru Indosat Ooredoo hingga 10,8 persen dari Indosat Ooredoo Hutchison.

    Bersamaan dengan penggabungan bisnis, CK Hutchison akan mendapatkan 50 persen saham dari Ooredoo Asia dengan menukar 21,8 persen sahamnya di Indosat Ooredoo Hutchison untuk 33 persen saham di Ooredoo Asia.

    Kemudian, CK Hutchison juga akan mendapatkan tambahan 16,7 persen kepemilikan di Ooredoo Group lewat transaksi senilai USD387 juta.

    Menyusul transaksi itu, para pihak akan masing-masing memiliki 50 persen dari Ooredoo Asia, yang akan diberi nama baru yaitu Ooredoo Hutchison Asia dan memiliki 65,6 persen saham dan kendali atas Indosat Ooredoo Hutchison.

    Selanjutnya, pada akhir transaksi, Indosat Ooredoo Hutchison akan dikendalikan secara bersama-sama oleh Ooredoo Group dan CK Hutchison.

    "Perusahaan gabungan akan tetap terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan pemerintah Indonesia memiliki 9,6 persen saham, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia memiliki 10,8 persen saham, dan pemegang saham publik lainnya memiliki kira-kira 14 persen saham," kata manajemen, Jumat, 17 September 2021.

     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id