Di Tengah Pandemi, Laba Bersih Mustika Ratu Tumbuh 54%

    Ade Hapsari Lestarini - 19 Juni 2021 19:59 WIB
    Di Tengah Pandemi, Laba Bersih Mustika Ratu Tumbuh 54%
    Jajaran direksi dan komisaris Mustika Ratu. Foto: dok MRAT.



    Jakarta: PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 54 persen pada kuartal I-2021 menjadi Rp1,915 miliar. Angka ini meningkat sebesar Rp670 juta dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,245 miliar.

    Pertumbuhan laba bersih ini ditopang dari kenaikan penjualan sebesar 30 persen dan penghematan di biaya operasional sebesar empat persen dibandingkan tahun lalu.

     



    Direktur Keuangan Mustika Ratu Jodi Andrea Suryokusumo mengatakan perseroan juga mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp88,6 miliar. Jumlah ini meningkat Rp20,5 miliar atau 30 persen dibandingkan kuartal I-2020 sebesar Rp68,1 miliar di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih negatif 0,74 persen secara year on year (yoy).

    "Perseroan optimistis dalam melakukan transformasi yang dapat mendorong perseroan pada keunggulan pperasional," ujar Jodi, dalam keterangan resminya, Sabtu, 19 Juni 2021.

    Dia menjelaskan, peningkatan penjualan bersih disebabkan kenaikan penjualan produk kesehatan sebesar 104 persen. Kemudian perbaikan penjualan sektor kosmetik yang sebelumnya menurun, jadi meningkat di kuartal I-2021 sebesar 43 persen.

    Selain itu juga adanya peningkatan penjualan di sektor perawatan diri sebesar tiga persen. Dia menambahkan, seiring dengan awareness dari pelanggan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan konsumsi minuman herbal, permintaan produk jamu mengalami peningkatan di kuartal I-2021 sebesar 44 persen.

    Sejak 2020, MRAT semakin melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah ke segmen healthcare dan personal care di samping kosmetik, jamu, dan minuman yang sudah eksis sejak awal.

    MRAT juga merilis produk anyar seperti hand sanitizer dan disinfektan. Kemudian di segmen healthcare, perseroan merilis Supplemen Herbamuno+ yang merupakan produk immunomodulator yang dibuat dari bahan-bahan alami herbal yaitu sambiloto, akar manis, meniran, jahe emprit, dan daun jambu. Adapun Herbamuno sedang dalam proses uji klinis untuk menjadi produk fitofarmaka.

    "Saat ini bisnis Mustika Ratu lebih komplit lagi tidak hanya kosmetik dan jamu, tetapi ada segmen bisnis lainnya yang akan terus dikembangkan," tambahnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id