OJK Berharap Bunga Bank untuk Korporasi Bisa 7%

    Eko Nordiansyah - 29 Juli 2020 13:38 WIB
    OJK Berharap Bunga Bank untuk Korporasi Bisa 7%
    Iilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap suku bunga kredit di perbankan bisa menjadi lebih rendah lagi. Apalagi pemerintah juga memberikan berbagai stimulus bagi perbankan mulai dari penjaminan kredit hingga penempatan dana di bank umum.

    Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, insentif yang diberikan pemerintah lewat perbankan cukup besar. Misalnya saja untuk penempatan dana pemerintah di bank umum yang diberikan dengan bunga cukup murah, sehingga seharusnya suku bunga bank bisa lebih murah.

    "Kita perkirakan hitung-hitungan dengan biaya yang lebih murah saat ini bisa sekitar tujuh persen mestinya untuk korporasi. Ini tolong kita sama-sama kita komunikasikan, kita hitung," kata dia usai penandatanganan perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman untuk program penjaminan pemerintah kepada korporasi padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020.

    Wimboh menambahkan, saat ini tren suku bunga acuan di Bank Indonesia (BI) juga mengalami penurunan. Sementara itu, ketersediaan likuiditas perbankan juga sangat mencukupi untuk bisa mendorong bunga kredit menjadi lebih rendah.

    "Tren suku bunga akan turun. Likuiditas sangat ample, tidak ada kendala, sehingga kesempatan ini akan mendorong suku bunga jadi lebih rendah lagi," ungkap dia.

    Untuk itu, Wimboh berharap penjaminan kredit modal kerja bagi korporasi oleh pemerintah bisa mendorong ekspansi kredit oleh perbankan. Saat ini bank dinilai masih ragu untuk menyalurkan kredit karena dunia usaha juga belum membaik dari dampak pandemi covid-19.

    "Ini bukan hanya perusahaan korporasi yang didorong dalam rangka pemulihan ekonomi, tapi sekaligus memberi ruang perbankan bisa beroperasi ke arah yang lebih normal ke depan," pungkas dia. 

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id