Pelonggaran Lockdown Dongkrak Rupiah

    Antara - 18 Mei 2020 11:56 WIB
    Pelonggaran <i>Lockdown</i> Dongkrak Rupiah
    Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan ini berpeluang menguat seiring dengan pelonggaran lockdown di sejumlah negara.

    Pada pukul 09.41 WIB, rupiah masih melemah 10 poin atau 0,07 persen menjadi Rp14.870 per USD dari sebelumnya Rp14.860 per USD.

    Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan sentimen positif terlihat kembali masuk ke pasar keuangan pagi ini.

    "Pasar menyikapi positif lockdown yang dibuka di beberapa negara seperti di kawasan Eropa, sebagian AS, Tiongkok, Korsel, Hong Kong, Vietnam, dan lain-lain, seiring dengan berkurangnya jumlah kematian dan jumlah kasus positif di negara pandemi tersebut," ujar Ariston, dikutip dari Antara, Senin, 18 Mei 2020.

    Sentimen positif itu, lanjut Ariston, bisa membantu penguatan rupiah hari ini ke kisaran Rp14.800 per USD hingga Rp14.750 per USD.

    Penguatan rupiah terhadap dolar AS juga terbantu oleh stimulus besar yang dikeluarkan oleh Bank Sentral AS The Fed untuk memperbesar likuiditas dolar di pasar. The Fed kurang lebih sudah mengeluarkan USD2 triliun untuk pembelian obligasi.

    Namun demikian, Ariston menilai pasar masih mewaspadai potensi gelombang kedua pandemi pascapelonggaran lockdown dan memburuknya data-data ekonomi karena wabah yang bisa menekan kembali sentimen positif.

    Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.750 per USD hingga Rp15.000 per USD. Pada Jumat lalu, rupiah ditutup menguat 25 poin atau 0,17 persen menjadi Rp14.860 per USD dari sebelumnya Rp14.885 per USD.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id