Transaksi Digital BRI Melonjak Imbas Korona

    Annisa ayu artanti - 26 Maret 2020 14:15 WIB
    Transaksi Digital BRI Melonjak Imbas Korona
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatat kenaikan transaksi e-channel dan e-banking yang signifikan akibat efek dari penyebaran virus korona di Indonesia.

    Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, kenaikan transaksi digital tidak hanya dialami oleh fitur internet banking BRI saja, namun juga pada transaksi belanja di marketplace serta transaksi tarik tunai di mesin ATM BRI.

    Per akhir Maret 2020, transaksi internet banking BRI diproyeksikan meningkat hingga 38 persen dibandingkan Februari 2020.

    "Transaksi di marketplace online meningkat sebesar 15 persen dibandingkan dengan posisi akhir Februari 2020, sementara untuk tranksaksi e-channel berupa penarikan uang tunai di mesin ATM BRI per hari rata rata tercatat 3,1 juta kali transaksi di sepanjang Maret," kata Amam dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 26 Maret 2020.

    Menurutnya, angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Januari, dengan rata-rata per hari terdapat 2,9 juta transaksi penarikan dan di Februari tercatat rata-rata penarikan uang tunai sebanyak tiga juta kali transaksi per hari.

    Adapun, lonjakan transaksi ini tak lepas dari imbauan pemerintah yang meminta masyarakat agar melakukan pembatasan hubungan sosial atau social distancing dalam bentuk belajar, serta bekerja di rumah sehingga untuk transaksi perbankan masyarakat lebih memilih transaksi digital dari pada mendatangi kantor cabang BRI.

    "Selain itu, sejak pertama kali virus korona menyebar di Indonesia pada awal Maret, BRI secara gencar sudah mengimbau masyarakat agar menggunakan layanan e-banking BRI untuk menekan penyebaran virus korona," ucap Amam.

    Oleh karena itu, BRI memastikan dengan adanya peningkatan transaksi ini tidak akan mengurangi kualitas transaksi digital BRI.

    "Dari sisi infrastruktur, BRI sangat siap atas lonjakan ini, back-end kami support dengan adanya transaksi yang tinggi pada kondisi tertentu," pungkas Amam.




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id