Jadi Anak Usaha, EMI Perkuat Pengelolaan EBT PLN

    Annisa ayu artanti - 12 Mei 2021 13:49 WIB
    Jadi Anak Usaha, EMI Perkuat Pengelolaan EBT PLN
    Ilustrasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) - - Foto: Antara/ Idhad Zakaria



    Jakarta: PT PLN (Persero) memastikan pengelolaan energi baru terbarukan akan lebih kuat setelah PT Energi Management Indonesia (Persero) (EMI) resmi bergabung menjadi anak usaha perseroan.

    Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan masuknya EMI ke dalam anak usaha PLN ini merupakan tindak lanjut inisiatif strategis BUMN membentuk klaster di bidang energi guna memperbaiki kinerja dan meningkatkan nilai perusahaan.

     



    "Masuknya EMI menjadi bagian PLN ini akan mengakselerasi program transformasi yang sudah berjalan. Hal ini akan memperkaya portofolio PLN sebagai perusahaan energi yang berwawasan lingkungan," kata Zulkifli keterangan tertulis, Rabu, 12 Maret 2021.

    Menurutnya EMI bisa mempercepat PLN dalam mencapai target bauran EBT. Khususnya, dalam menjalankan co-firing biomassa pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Indonesia dan Konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke Pembangkit EBT.


    "Kami optimistis dengan portofolio EMI dalam pengelolaan biomassa dan konservasi energi akan mendukung pengembangan EBT yang dilakukan dalam program transformasi green," ujarnya.

    Pemerintah telah mengalihkan seluruh saham EMI kep PLN seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2021.

    Pengalihan saham ini menambah penyertaan modal negara ke modal saham PLN. Adapun penambahan penyertaan modal negara yang dimaksud sebanyak 15.554 saham Seri B pada EMI yang telah ditempatkan dan di setor penuh oleh negara.

    Atas pengalihan saham ini status perusahaan EMI berubah menjadi perseroan terbatas yang tunduk sepenuhnya pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id