comscore

Ekuitas Garuda Masih Negatif, Minus Rp42 Triliun

Desi Angriani - 20 Desember 2021 12:52 WIB
Ekuitas Garuda Masih Negatif, Minus Rp42 Triliun
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto: Medcom.id/Farhan
Jakarta: Kondisi keuangan terkini PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk masih mencatatkan ekuitas negatif karena penurunan revenue yang lebih besar dibandingkan efisiensi biaya.

Saat ini ekuitas Garuda negatif USD3 miliar atau sekitar Rp42 triliun (kurs Rp14.300 per USD). Adapun asetnya senilai USD6,92 miliar (Rp98,670 triliun) dan liabilitas sebesar USD9,756 miliar (Rp139,5 triliun).

 



"Total revenue Garuda memang turun hingga 70 persen sehingga menyebabkan operating margin menjadi negatif 70 persen dari kondisi sebelum pandemi," kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Prasetio dalam Public Expose secara virtual, Senin, 20 Desember 2021.

Meski total pendapatan turun, kinerja keuangan Garuda mulai membaik dalam sembilan bulan terakhir. Posisi terakhir revenue sebesar USD568 juta dibandingkan Agustus 2021.

Begitu pula, kinerja operasional ikut membaik seiring dengan peningkatan jumlah penumpang sebesar 83 persen dari 115 ribu pax menjadi 211 ribu dengan SLF 36 persen.

"Peningkatan trafik penumpang mampu meningkatkan revenue dari 39 juta per bulan menjadi 51 juta per bulan," tambah dia.

Adapun total utang Garuda Indonesia mencapai USD9,8 miliar atau sekitar Rp140,14 triliun dengan total 800 kreditur.

Untuk menyelesaikannya, Garuda menyiapkan proposal perdamaian untuk kreditur dan lessor dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) mulai dari dari bentuk obligasi hingga penerbitan saham baru.

Menurut jadwal, rapat dengan kreditur pertama akan dilaksanakan pada 21 Desember 2021, besok. Pengajuan tagihan kreditur dijadwalkan selesai pada 5 Januari 2021 dan verifikasi dilakukan pada 19 Januari 2021.

"Kita siapkan opsi kupon atau penerbitan saham baru, tidak terbatas juga dengan dilakukan perpanjangan kewajiban secara konvensional. Adapun jadwal PKPU besok, dalam rapat kreditur pertama ini kami berharap mereka datang dan mendengarkan," pungkas dia.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id