Bank Mandiri Perluas Layanan di Ekosistem Digital

    Ilham wibowo - 14 September 2020 19:50 WIB
    Bank Mandiri Perluas Layanan di Ekosistem Digital
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Bank Mandiri meningkatkan partisipasi inisiatif open banking dengan implementasi antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface/API). Akses layanan keuangan kini dipermudah untuk mitra bisnis di ekosistem keuangan digital.

    Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi memaparkan bahwa keberadaan Mandiri API bisa membuat mitra bisnis menikmati keleluasaan dalam melakukan pengujian dan implementasi berbagai layanan perbankan Bank Mandiri dalam platform digitalnya. Kerja sama melalui platform digital mitra, baik e-commerce, fintech, startup, dan korporasi lainnya semakin mudah dilakukan.

    "Keberadaan API dalam dunia aplikasi digital adalah suatu keharusan. Terlebih lagi, API adalah kunci dari open banking yang menjadi salah satu inisiatif BI dan OJK dalam membangun dan memperluas inklusi keuangan," kata Hery dalam konferensi virtual, Senin, 14 September 2020.

    Menurut Hery, Mandiri API yang saat ini berjumlah 16 portal dan bisa ditambah akan menjadi katalis pertumbuhan dan pengembangan digital ekosistem saat ini. Pilihan nasabah bertambah banyak pilihan untuk mengakses layanan perbankan Bank Mandiri pada platform mitra tanpa mengurangi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.

    "Di tengah keterbatasan yang dirasakan akibat dampak pandemi covid-19 ini, Bank Mandiri ingin membuka jalan seluas-luasnya kepada nasabah untuk bertransaksi. Di sisi lain, kami juga ingin menjaga keberlangsungan usaha dengan meningkatkan keterikatan dunia usaha dan ekosistem digital yang ada pada saat ini," paparnya.

    Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menambahkan bahwa adanya Mandiri API produk dan layanan Bank Mandiri bisa langsung dinikmati di aplikasi yang digunakan nasabah. Hal ini juga menunjang pertumbuhan platform digital mitra melalui ketersediaan layanan perbankan yang andal dan jaringan nasabah Bank Mandiri yang luas.

    "Kami bisa kerja sama dengan digital ekosistem seperti Traveloka yang gunakan API notifikasi, begitu ada yang bayar langsung diberikan notifikasi. Kemajuan teknologi dalam waktu sepersekian detik bisa rekonsiliasi, beda dengan dulu yang butuh banyak orang," tuturnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id