comscore

Kinerja Pasar Modal di 2021 Dinilai Luar Biasa

Eko Nordiansyah - 03 Januari 2022 09:57 WIB
Kinerja Pasar Modal di 2021 Dinilai Luar Biasa
Ketua DK-OJK Wimboh Santoso. FOTO: OJK
Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) Wimboh Santoso menyampaikan kinerja pasar modal Indonesia selama 2021 di luar ekspektasi. Pasalnya meski dalam situasi pandemi, capaian di pasar modal justru terbilang luar biasa.

"Pasar modal ini di luar dugaan, ini jauh dari ekspektasi kita semula. indeks kita sudah 6.581,48," kata dia, dalam Peresmian Pembukaan Perdagangan BEI 2022, Senin, 3 Januari 2022.
Ia mengungkapkan, dengan kinerja indeks tersebut maka perkiraan keuntungan investasi yang akan didapat sekitar 10,8 persen. Hal ini, lanjut dia, termasuk jajaran yang terbaik di antara negara-negara lain di kawasan Asia.

Selain itu, jumlah investor yang ada di pasar modal juga meningkat signifikan dari 3,8 juta pada 2020 menjadi 7,5 juta pada 2021. Bahkan jumlah investor ini didominasi oleh investor ritel, termasuk kalangan milenial yang melirik investasi saham.

"Ini menunjukan banyak investor-investor, terutama investor ritel. Ini dapat kami sampaikan, milenial ini yang tadinya banyak konsumsi sekarang banyak menabung terutama di saham dan juga di tabungan," ungkapnya.

Wimboh menambahkan, penghimpunan dana di pasar modal mencapai Rp363,3 triliun dari 194 emiten, lebih tinggi dari 2020 sebesar Rp118 triliun. Ini bersumber dari sektor teknologi dan sektor keuangan yang diharapkan menjadi engine growth ke depan.

"Bahkan ini luar biasa dalam sejarh rising fund di pasar modal itu lebih tinggi dari pertumbuhan kredit. Kredit selama 2021 hanya Rp228 triliun. Mudah-mudahan ini tanda yang bagus untuk investasi kita ke depan," pungkas dia.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id