comscore

Bursa Nasdaq Sambut Kopi Kenangan Jadi Unicorn Retail Pertama di Asia Tenggara

Fetry Wuryasti - 07 Januari 2022 11:43 WIB
Bursa Nasdaq Sambut Kopi Kenangan Jadi <i>Unicorn</i> Retail Pertama di Asia Tenggara
Nasdaq sambut Kopi Kenangan. Foto: dok Facebook Kopi Kenangan.
Jakarta: Kopi Kenangan resmi menyandang gelar startup unicorn di bidang makanan dan minuman (F&B) pertama di Asia Tenggara yang mencatatkan nilai valuasi menembus USD1 miliar. Bursa saham Amerika, Nasdaq pun memberikan selamat pada layar billboard mereka atas capaian perusahaan waralaba ini yang terkenal dengan produk kopi kenangan mantan.

Hal ini diketahui dari akun sosial media Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang memposting dengan bangga foto ucapan selamat Nasdaq kepada Kopi Kenangan, bertuliskan "Nasdaq Congratulates, Kopi Kenangan As The First New Retail F&B Unicorn in South East Asia!".
"Pecinta Kopi Kenangan, mana suaranya? Kopi Kenangan baru saja menjadi Unicorn kategori F&B (makanan dan minuman) pertama di Asia Tenggara dengan nilai valuasi menembus USD1 miliar. Bangga dengan produk karya anak bangsa!" kata Sandiaga dikutip dari akun instagram @sandiuno, dilansir Mediaindonesia.com, Jumat, 7 Januari 2022.

Dikatakan Sandiaga, gerai kopi yang didirikan sejak 2017 ini telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi lebih 3.000 karyawan, dengan jumlah 600 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia.

Sandi juga mengapresiasi tim dari Kopi Kenangan yang terus berinovasi menggunakan digitalisasi dalam mengembangkan usaha melalui penciptaan aplikasi.

"Apresiasi karena Kopi Kenangan terus berinovasi dan menjadi bagian dari digitalisasi. Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia," kata Sandiaga.

Jadi Unicorn usai kantongi dana segar

Sebelumnya pekan lalu, Kopi Kenangan resmi menjadi salah satu unicorn Indonesia setelah berhasil mengantongi USD96 juta atau Rp1,37 triliun (asumsi kurs Rp14.300 per USD) dari putaran pendanaan seri C yang dilakukannya beberapa waktu lalu.

Pendanaan ini menjadikan perusahaan saat ini bernilai lebih dari USD1 miliar. Pendanaan seri C ini dipimpin oleh Tybourne Capital Management dan partisipasi dari investor lain seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital, dan investor baru Falcon Edge Capital.

Co-founder dan CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan pendanaan ini nantinya akan digunakan perusahaan untuk memperluas jejaring bisnisnya di kawasan Asia Tenggara. "Saya sangat senang mengumumkan penggalangan dana ini, yang menempatkan kami sebagai Unicorn F&B Ritel Baru pertama dari Asia Tenggara," kata Edward dalam siaran persnya, Rabu, 29 Desember 2021 lalu.

Tak hanya di minuman, saat ini peritel kopi ini juga telah melakukan ekspansi di Cerita Roti, ayam goreng Chigo dan merek kukis Kenangan Manis. Perusahaan telah memiliki 500 toko di 45 kota dalam empat tahun terakhir. Dalam satu terakhir, perusahaan telah menjual sebanyak 40 juta cangkir kopi dan ditargetkan pada kuartal I-2022 mendatang akan bisa menjual 5,5 juta cangkir per bulan.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id