comscore

Grup GoTo Perluas Komitmen Ekonomi Hijau di Ekosistemnya

Arif Wicaksono - 03 Juni 2022 16:37 WIB
Grup GoTo Perluas Komitmen Ekonomi Hijau di Ekosistemnya
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, GoTo. Foto: GoTo.
Jakarta: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah memperluas komitmen Tiga Nol (Nol Emisi, Nol Sampah, Nol Hambatan) di seluruh ekosistemnya, membentuk pendekatan dan strategi yang terkonsolidasi bagi perusahaan guna mencapai tujuan keberlanjutannya secara bersama-sama.

Berdasarkan penilaian materialitas yang dilakukan untuk Gojek pada 2021, perusahaan telah memperluas cakupannya kepada Tokopedia dan GoTo Financial, menciptakan tolok ukur dan serangkaian prioritas yang jelas untuk seluruh ekosistem GoTo. Pengumuman ini dilakukan seiring dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan pertama Grup GoTo sejak persatuan Gojek dan Tokopedia pada 2021 dan pencatatan bersejarah Perusahaan di Papan Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April 2022.
Laporan yang berjudul 'Mendorong Kemajuan' mencakup data dari Januari-Desember 2021 dan mengidentifikasi masalah paling material bagi perusahaan seperti aksi iklim, keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI), penggunaan dan pembuangan kemasan, struktur tata kelola dan etika bisnis, serta target lainnya; dengan demikian memperkuat kedudukan GoTo sebagai yang terdepan dalam pelaporan keberlanjutan di kawasan Asia Tenggara.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan target tiga nol mendorong semua pihak di GoTo  untuk melakukan dekarbonisasi terhadap kegiatan operasional dan ekosistem yang lebih luas, membangun platform yang sepenuhnya sirkular.

"Kami ingin menetapkan standar dalam mendorong kemajuan untuk Indonesia serta Asia Tenggara, dan bertanggungjawab kepada seluruh pemangku kepentingan kami, termasuk investor, mitra, karyawan dan regulator," jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 3 Juni 2022.

Presiden GoTo Patrick Cao menjelaskan struktur dan akuntabilitas tata kelola keberlanjutan GoTo berkomitmen untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi ekosistem.

"Upaya kami mencakup perluasan Dewan Penasihat eksternal kami, untuk memantau upaya kami dan memberi kami saran dan umpan balik secara rutin. Pada akhirnya, ini memastikan kita semua bergerak ke arah yang sama, dan mendefinisikan serta mengukur kemajuan secara konsisten.” jelas dia.

Laporan Keberlanjutan 'Mendorong Kemajuan’ GoTo diterbitkan bersamaan dengan  pengumuman kinerja untuk 2021 dan kuartal pertama 2022, saat perusahaan memulai proses penyelarasan pengungkapan keuangan dan non-keuangan dalam pelaporannya. Sorotan dari laporan dan kemajuan terhadap komitmen Tiga Nol GoTo meliputi:

Nol emisi

Grup GoTo berusaha mencapai tujuan nol emisi pada 2030, melalui strategi pengurangan emisi dan penyeimbangan karbon yang terus dijalankan. Hal ini dilakukan dengan  mengubah 100 persen armada pengemudinya menjadi kendaraan listrik (EV) pada  2030 membuat kemajuan nyata melalui program uji coba dengan mitra ventura bersama Electrum, TBS Energi Utama di Jakarta Selatan yang melibatkan 500 sepeda EV dan 14 stasiun pertukaran baterai, dan kolaborasi dengan lainnya mitra termasuk Gogoro, Gesits, Mitsubishi Motors, Santomo, dan Pertamina.

Nol sampah 

Pada 2021, GoTo untuk pertama kalinya menyelesaikan proses penghitungan sampah di keseluruhan ekosistem, yang mencakup semua gudang, kantor, dan layanan on-demand. Secara total, seluruh ekosistem GoTo menghasilkan sekitar 335 ribu metrik ton sampah per tahun, yakni kurang dari satu persen di antaranya berasal dari operasi langsung GoTo, dan sisanya secara tidak langsung dari ekosistem Gojek dan Tokopedia.

Upaya pengurangan limbah GoTo meliputi tas pengantaran yang dapat digunakan kembali, pendauran ulang kotak kardus, dan memberikan pedoman untuk mendorong mitra dalam mengurangi dan menghentikan penggunaan produk dan peralatan sekali pakai.

Nol hambatan

Adapun dengan 2,6+ juta pengemudi dan 15+ juta mitra pedagang dalam ekosistem, GoTo terus berkontribusi kepada sekitar dua persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia; mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pelatihan, pertumbuhan usaha, kewirausahaan dan pelayanan kepada kelompok masyarakat marginal; dan mempromosikan inklusi keuangan serta akses ke ekonomi digital.

GoTo juga telah berkomitmen untuk menerbitkan peta jalan untuk komitmen Tiga Nol di situs web resmi GoTo dalam waktu dekat, untuk secara dinamis memperbarui pemangku kepentingan tentang kemajuan dan kinerja ESG Perusahaan secara real time.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id