Bank Indonesia Setop Operasional di Libur Lebaran 12-14 Mei 2021

    Husen Miftahudin - 29 April 2021 13:29 WIB
     Bank Indonesia Setop Operasional di Libur Lebaran 12-14 Mei 2021
    Bank Indonesia MI Usman Iskandar.



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) meniadakan seluruh layanan dan kegiatan di libur Lebaran pada Rabu, 12 Mei hingga Jumat, 14 Mei 2021. Hal ini sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021.

    Beleid tersebut terkait dengan Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021.






    Mengutip keterangan tertulis dari laman resmi Bank Indonesia, Kamis, 29 April 2021, kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) pada tiga hari tersebut ditiadakan.

    Kemudian seluruh kegiatan penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) pada 12-14 Mei 2021 juga ditiadakan. Kegiatan layanan kas pun demikian. Seluruh kegiatan transaksi operasi moneter rupiah juga ditiadakan.

    Bank sentral juga meniadakan seluruh kegiatan transaksi operasi moneter valuta asing (valas) dan kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) tidak diterbitkan. Untuk kurs, Bank Indonesia menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir.

    Selanjutnya, penyampaian kuotasi Jakarta Interbank Offered Rate (Jibor) oleh bank kontributor pada Rabu, Kamis, dan Jumat, 12, 13, dan 14 Mei 2021 ditiadakan. Indonesia Overnight Index Average (IndONIA) dan Jibor juga tidak terbit, serta Jisdor tidak terbit.

    "Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank," jelas Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id