Bagaimana Persiapan Mata Uang Digital ala BI?

    Eko Nordiansyah - 14 April 2021 15:25 WIB
    Bagaimana Persiapan Mata Uang Digital ala BI?
    Ilustrasi. Foto: dok.BI



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) berencana untuk menerbitkan mata uang digital berupa central bank digital currency. Namun, sampai saat ini rencana penerbitan mata uang digital masih dalam tahap perencanaan dan pembahasan bersama dengan otoritas bank sentral lainnya.

    "Kita mengikuti perkembangan yang ada dan kita melakukan assessment, melakukan assessment-nya itu komprehensif," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta dalam video conference di Jakarta, Rabu, 14 April 2021.






    Ia menjelaskan, bank sentral perlu melakukan kajian lebih dalam mengenai mata uang digital ini. Pasalnya apabila diterbitkan mata uang digital, maka tidak hanya berdampak pada masalah sistem pembayaran saja, melainkan juga berbagai aspek lainnya.

    "Kita harus melihat secara mendalam, kita benar-benar melakukan riset, assessment dari berbagai aspek, apa manfaat, risikonya dan lain-lain. Kita juga melakukan assessment secara komprehensif, bukan dari payment system saja," ungkapnya.

    Fili menambahkan, keberadaan mata uang digital nantinya bisa berdampak pada kondisi makroekonomi, moneter, bahkan stabilitas sistem keuangan. Oleh karena itu, pembahasan mengenai masalah ini juga menjadi fokus berbagai forum kerja sama internasional.

    Menurut dia, diperlukan pengaturan dan pengawasan bersama mengenai mata uang digital ini. Pasalnya BI tidak bisa hanya ikut-ikutan menerbitkan mata uang digital ketika ada bank sentral lain yang telah lebih dulu memiliki mata uang digital sendiri.

    "Kita harus melihat apa benefitnya, apakah itu sudah bisa dipenuhi oleh sistem yang ada, punya blueprint sistem pembayaran Indonesia. Sembari mengerjakan itu, juga melakukan assessment dan assessment-nya komprehensif dari berbagai aspek," tegas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id