comscore

BI Pamer Produk Ekonomi Kreatif UMKM di Jepang

Husen Miftahudin - 26 Juni 2021 11:29 WIB
BI Pamer Produk Ekonomi Kreatif UMKM di Jepang
Ilustrasi produk ekonomi kreatif RI - - Foto: Antara/ Puspa Perwitasari
Jakarta: Bank Indonesia (BI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mendorong kerja sama Indonesia dan Jepang, khususnya dalam promosi produk ekonomi kreatif Indonesia. Hal tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan 'Malam Ekonomi Kreatif Indonesia' di Tokyo, Jepang, pada hari ini.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam sambutannya secara virtual menyampaikan tiga keunggulan produk ekonomi kreatif Indonesia. Pertama, produk ekonomi kreatif Indonesia berdaya tahan.

"Hal ini karena jenis produk yang ditawarkan umumnya berbahan lokal dan sudah melalui standardisasi proses bisnis sehingga kontinuitas produksi berjalan lancar," ujar Dody dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 26 Juni 2021.

 



Kedua, harga produk yang terjangkau. Selain bahan baku yang berasal dari lokal, proses produksi dan biaya tenaga kerja yang relatif terjangkau menjadi faktor pendukung harga jual produk Indonesia yang bersaing bahkan bagi produk kelas premium sekalipun.

"Ketiga, karena produk yang dipasarkan sudah melalui proses kurasi yang ketat untuk menjamin kualitas sesuai dengan standar internasional," tegas Dody.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan pentingnya penguatan kolaborasi di sektor ekonomi kreatif guna mendukung percepatan ekonomi global.

"Kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Jepang telah menghasilkan banyak pencapaian yang positif dan memberikan keuntungan yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak," tuturnya.

Jepang merupakan negara tujuan ekspor untuk produk industri kreatif Indonesia yang tertinggi di kawasan, dan secara umum total perdagangan di antara kedua belah negara terus meningkat hingga kuartal I-2021 dengan catatan pertumbuhan sebesar 1,87 persen (yoy).

"Hal tersebut merupakan pencapaian yang baik di tengah kondisi perlambatan permintaan di beberapa negara mitra lainnya karena situasi pandemi," ucap Sandiaga.

Dalam kegiatan Malam Ekonomi Kreatif juga dilakukan peresmian ruang promosi terpadu Indonesia, Jaipong (Japan-Indonesia Partnership Lounge) Showcase Area, di atrium gedung KBRI Tokyo. Dalam ruang promosi tersebut ditampilkan produk-produk kain dan perhiasan (mutiara dan perak) dari UMKM binaan 46 Kantor Perwakilan BI.

Malam Ekonomi Kreatif Indonesia merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Sayembara Desain Batik Indonesia-Jepang yang telah dimulai sejak 14 November 2020 hingga 21 April 2021 lalu, serta kegiatan Talk Show Industri Kreatif Batik yang bertujuan untuk mempromosikan batik sebagai budaya Indonesia kepada masyarakat di Jepang.

Selain mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia di tataran global, kegiatan ini juga diharapkan semakin memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang serta memberikan banyak manfaat bagi kedua negara, khususnya di tengah masa pandemi, menuju kemakmuran yang lebih baik di masa depan.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id