CIMB Niaga Terus Dukung Sistem Pembayaran Nontunai

    Angga Bratadharma - 17 Oktober 2020 13:03 WIB
    CIMB Niaga Terus Dukung Sistem Pembayaran Nontunai
    Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO
    Jakarta: Di tengah pandemi covid-19 metode pembayaran secara nontunai dan tanpa kontak fisik diyakini menjadi pilihan masyarakat saat berbelanja di merchant. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, perbankan dipandang perlu memberikan dukungan kepada merchant dengan menyinergikan program dan produk yang ditawarkan.

    Berangkat dari hal itu, Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan CIMB Niaga terus melakukan sosialisasi mengenai aplikasi mobile banking yang dimiliki. Selain itu, CIMB Niaga berupaya memperluas mitra ke berbagai daerah guna menjangkau lebih luas lagi masyarakat.

    "Kami terus melakukan sosialisasi mengenai Scan QRIS OCTO Mobile dan memperluas mitra merchant ke berbagai daerah," kata Bambang, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 17 Oktober 2020.

    Selain menyediakan teknologi pembayaran, Bambang mengatakan, CIMB Niaga juga membantu mempromosikan produk merchant. Melalui langkah itu, Bambang mengklaim, CIMB Niaga membantu menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya melalui dukungan kepada mitra merchant CIMB Niaga agar dapat meningkatkan penjualan.

    "Selain itu, upaya ini juga diharapkan dapat mendorong program transaksi nontunai dan tanpa kontak fisik (nirsentuh) yang digalakkan oleh pemerintah," tuturnya.

    Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi uang elektronik tumbuh sebanyak 33,8 persen (yoy) pada Agustus 2020. Pertumbuhan ini meningkat tinggi bila dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 24,42 persen (yoy).
     
    "Transaksi ekonomi dan keuangan digital meningkat pesat sejalan dengan penggunaan platform dan instrumen digital di masa pandemi, serta semakin kuatnya preferensi dan akseptasi masyarakat akan transaksi digital," ucap Gubernur BI Perry Warjiyo.
     
    Volume transaksi digital banking juga mencatat pertumbuhan tinggi sebesar 52,69 persen (yoy) pada Agustus 2020. Angka ini mengalami peningkatan drastis dari capaian bulan sebelumnya sebesar 38,81 persen (yoy).

    Secara keseluruhan, transaksi sistem pembayaran baik tunai maupun nontunai menunjukkan peningkatan. Hal ini sejalan dengan perbaikan ekonomi yang disertai dengan percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id