KKI 2020 Raup Omzet Penjualan Rp16,51 Miliar

    Husen Miftahudin - 24 November 2020 19:43 WIB
    KKI 2020 Raup Omzet Penjualan Rp16,51 Miliar
    Pameran karya Kreatif Indonesia (KKI) di Hotel Tugu Malang - - Foto: Medcom/ Daviq
    Jakarta: Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 yang digelar dalam tiga seri mencatat omzet penjualan sebesar Rp16,51 miliar atas produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdiri dari kain dan pakaian, kerajinan, serta makanan dan minuman.

    Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menyampaikan angka transaksi yang berhasil diraup tersebut mengalami peningkatan sebesar 31 persen jika dibandingkan dengan penyelenggaraan KKI 2019.

    Digelar secara virtual, KKI Seri I dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2020 dengan mengangkat tema 'Sinergi untuk UMKM Ekspor', KKI Seri II bertemakan 'Sinergi untuk UMKM Digital' pada 7-9 Oktober 2020, dan KKI Seri III bertajuk 'UMKM Sahabat Milenial' pada 20-22 November 2020.

    "Selama penyelenggaraan tiga seri Pameran KKI 2020, BI juga mencatat kenaikan nilai kesepakatan bisnis (ekspor, pemasaran e-commerce, dan pembiayaan) sebesar 54 persen dibandingkan periode sebelumnya," ungkap Onny dalam keterangannya yang dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Selasa, 24 November 2020.

    Adapun nilai kesepakatan bisnis pada tiga seri Pameran KKI 2020 sebesar Rp113,2 miliar. Kesepakatan bisnis tercipta antara 328 UMKM dengan para mitra bisnis disertai penandatanganan kontrak ekspor dan akad kredit UMKM dengan lembaga keuangan.

    Sementara itu, one on one meeting mencatat kesepakatan ekspor sebesar Rp7,52 miliar (dari 31 UMKM) dan komitmen pembiayaan sebesar Rp11,48 miliar (43 UMKM dengan bank dan Permodalan Nasional Madani). Dalam hal dukungan BI terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bank sentral melakukan pemasangan QRIS pada 1.948 UMKM melalui 60 pasar seni, dan menggelar webinar serta onboarding UMKM di 46 Kantor Perwakilan BI dengan 70 ribu peserta UMKM.


    "Berbagai pencapaian KKI 2020 ini diharapkan mampu mendorong transformasi digital UMKM dan menjadikan UMKM sebagai sumber kekuatan baru perekonomian nasional untuk Indonesia maju. Diselenggarakan secara virtual, jumlah pengunjung KKI di berbagai kanal (baik melalui Zoom, platform KKI, Youtube, Instagram, dan Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 64.763 pengunjung," urai Onny.

    KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian dan lembaga dalam pengembangan UMKM. Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

    "Ke depan, Bank Indonesia akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga," tutup Onny.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id