Rupiah Tembus Rp15 Ribu/USD, BI Intervensi Pasar

    Husen Miftahudin - 17 Maret 2020 19:17 WIB
    Rupiah Tembus Rp15 Ribu/USD, BI Intervensi Pasar
    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua dari kiri) - - Foto: Medcom/ Husen Miftahudin
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) kerap kali menyampaikan akan terus berada di pasar guna menstabilkan nilai tukar rupiah. Salah satunya dengan mengoptimalkan strategi intervensi di pasar spot dan pasar domestik mata uang valuta asing (valas) berjangka atau domestic non-delivery forward (DNDF).

    Menukil informasi hasil lelang transaksi DNDF dari laman resmi Bank Indonesia untuk lelang sesi sore hari ini, BI menetapkan kurs DNDF untuk tenor satu bulan sebesar Rp15.220 per USD dan memenangkan USD37 juta. Sementara kurs DNDF untuk tenor tiga bulan yang ditetapkan sebesar Rp15.438 per USD, tidak ada penawaran yang masuk.

    Adapun kurs Jakarta Interbank Spot Dolar Rate atau Jisdor menempatkan rupiah di posisi Rp15.083 per USD. Kurs JISDOR yang dipublikasikan Bank Indonesia itu mengalami pelemahan 265 poin dari nilai tukar rupiah kemarin sebesar Rp14.818 per USD.

    Menukil Bloomberg, nilai tukar rupiah hari ini ditutup di posisi Rp15.172 per USD. Posisi mata uang Garuda itu melemah 240 poin atau 1,61 persen dari posisi penutupan hari sebelumnya di Rp14.932 per USD.

    Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah menilai Bank Indonesia tak dapat berbuat banyak untuk menahan laju pelemahan rupiah. Sebab merebaknya virus korona atau covid-19 membuat investor panik sehingga pelemahan rupiah meluas.

    "BI hanya bisa menjaga agar pergerakan rupiah tidak terlalu liar yaitu dengan melakukan intervensi," ujar Piter kepada Medcom.id di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.

    Selain itu, sambungnya, BI bisa mengintensifkan strategi koordinasi dan sinergi dengan pemerintah. Salah satunya mengimbau kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk tidak melakukan spekulasi terhadap dolar.

    "Mengimbau kepada BUMN untuk tidak melakukan spekulasi terhadap dolar. Hanya itu yang bisa dilakukan Bank Indonesia," pungkas Piter.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id