IHSG Berpeluang Menguat Terbatas Menunggu Rilis Data BPS

    Ade Hapsari Lestarini - 05 Agustus 2020 08:32 WIB
    IHSG Berpeluang Menguat Terbatas Menunggu Rilis Data BPS
    Foto: dok MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini berpeluang menguat terbatas. Investor menunggu data pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2020.

    "Hari ini kami meyakini IHSG berpeluang bergerak terbatas. Para pelaku pasar akan menunggu data GDP Indonesia kuartal II, dengan konsensus memperkirakan ekonomi Indonesia akan terkontraksi -4,6 persen yoy," kata tim analis Samuel Sekuritas, dalam hasil risetnya, Rabu, 5 Agustus 2020.

    Namun demikian, tambah hasil riset itu, masih ada sentimen positif dari menguatnya bursa global dan komoditas. Selain itu pasar juga akan menunggu stimulus-stimulus baru oleh pemerintah untuk mendorong ekonomi.

    "Sentimen positif datang dari adanya gaji ke-13 bagi PNS yang sudah disahkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), namun masih menunggu tanda tangan Presiden," tambah riset itu.

    Adapun pagi ini indeks Nikkei Jepang dibuka turun 0,76 persen. Namun indeks Kospi Korea Selatan terpantau menguat 0,27 persen.

    Di sisi lain bursa saham AS pada perdagangan semalam ditutup menguat. Indeks Dow Jones naik 0,62 persen, indeks S&P naik 0,36 persen, dan indeks Nasdaq menguat 0,35 persen.

    Penguatan didukung oleh adanya indikasi stimulus untuk pengangguran di AS akan disepakati dalam waktu dekat. Ada indikasi baik partai Republik maupun Demokrat setuju adanya dana talangan bagi para pengangguran, namun masih ada sedikit perbedaan dalam cara pembagiannya.

    Jika stimulus berhasil disepakati, maka akan berdampak positif bagi ekonomi dimasa pandemi ini. Sentimen positif lainnya juga datang dari semakin banyaknya uji klinis vaksin dan obat yang masuk ke uji klinis tahap 3.

    Perusahaan bernama Eli Lilly di AS tengah memulai uji coba tahap ketiga untuk obat antikorona. Obat berkode LY-CoV555 ini diyakini bisa mencegah penyebaran virus covid-19.

    Sementara dari pasar komoditas, harga emas naik 1,6 persen ke level USD2.009 per troy ons semalam. Penguatan terjadi di tengah harapan paket stimulus AS yang berhasil disetujui. Sedangkan harga minyak juga menguat, dengan Brent naik 1,3 persen dan WTI naik 1,7 persen.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id