Prudential-Eastspring Ajak Nasabah Tetap Berinvestasi di New Normal

    Angga Bratadharma - 17 Juni 2020 08:42 WIB
    Prudential-Eastspring Ajak Nasabah Tetap Berinvestasi di New Normal
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Jakarta: PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) mengajak nasabah untuk mengambil langkah jangka panjang dengan tetap berinvestasi meski sekarang ini sedang pandemi covid-19. Hal itu dinilai penting untuk mencapai imbal investasi yang lebih tinggi menuju fase normal baru (new normal).

    Sejak WHO mengumumkan covid-19 sebagai pandemi dunia pada pertengahan Maret 2020, pasar modal dunia dan juga Indonesia mengalami koreksi. Pembatasan wilayah berskala besar yang dilakukan pemerintah di sejumlah negara berdampak pada perlambatan ekonomi.

    Internasional Monetary Fund (IMF) mengoreksi pertumbuhan ekonomi dunia dan Indonesia turun berturut-turut tiga persen dan 0,5 persen. Hal tersebut berimbas pada koreksi indeks harga saham pada hampir semua negara, termasuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

    Chief Investment Officer Prudential Indonesia Novi Imelda mengatakan menanggapi kondisi pasar dalam negeri yang terdampak oleh pandemi covid-19 dan tekanan global, Prudential Indonesia bersama Eastspring Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisasi volatilitas investasi nasabah.

    "Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia memiliki posisi yang kuat untuk senantiasa mendampingi nasabah dalam menghadapi kondisi pasar yang penuh ketidakpastian," kata Novi, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Investment Highlight and Market Outlook 2020: Life with Covid-19', Rabu, 17 Juni 2020.

    Sepanjang 2019, meskipun kondisi pasar bergejolak,  Prudential Indonesia mencatat total dana investasi menguat sebanyak tiga persen menjadi Rp74,5 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp72,1 triliun. Di tahun yang sama, perusahaan mencatat hasil investasi sebesar Rp5,4 triliun didorong oleh pemulihan IHSG.

    Sementara Eastspring Indonesia mencatat total dana kelolaan sekitar Rp92,08 triliun per 31 Desember 2019. Dalam mengelola investasi nasabah, khususnya di tengah fase normal baru ini, Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia menerapkan prinsip kehati-hatian secara optimal dalam memilih saham dan hanya yang memiliki fundamental baik dan pendanaan yang kuat.

    "Perusahaan juga senantiasa menyuguhkan portofolio dana investasi yang beragam. Kami meminta Nasabah untuk memastikan polis mereka aktif sehingga senantiasa mendapatkan perlindungan, serta tetap berinvestasi sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan masing-masing,” kata Novi.

    Chief Executive Officer Eastspring Indonesia Alan T Darmawan mengatakan di tingkat global sentimen pasar masih akan cenderung negatif dan volatilitas pasar masih tinggi. Eastspring memprediksi pandemi dapat terkendali tetapi produktivitas menurun selama beberapa bulan sehingga pertumbuhan berpotensi melambat.

    "Namun, menurut pengalaman kami, situasi saat ini hanya lah fluktuasi sementara dan bahwa pasar Indonesia akan pulih dalam jangka waktu menengah dan panjang, karena stabilitas fundamental ekonomi makro Indonesia yang relatif stabil. Di saat seperti ini, justru kami melihat ini merupakan kesempatan bagi basabah untuk tetap berinvestasi," ucap Alan.

    Adapun pandemi covid-19 memang telah mengubah arah kebijakan ekonomi pemerintah, namun Indonesia memiliki fundamental makroekonomi Indonesia yang masih cukup kuat dan stabil secara jangka panjang. Kondisi itu didukung oleh konsumsi domestik yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi di masa-masa mendatang.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id