FAP Agri, Emiten Pertama di 2021 Siap Melantai di Bursa

    Ade Hapsari Lestarini - 04 Januari 2021 07:24 WIB
    FAP Agri, Emiten Pertama di 2021 Siap Melantai di Bursa
    Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPOemiten PT FAP Agri Tbk di lantai bursa pada pagi ini.

    Mengutip undangan yang diterima Medcom.id, Senin, 4 Januari 2021, perseroan menjadi emiten pertama di 2021 yang tercatat di BEI.

    Adapun pencatatan saham perseroan dengan kode saham FAPA tersebut akan diselenggarakan secara virtual, mengingat kondisi saat ini terjadi di tengah pandemi covid-19.

    Selain itu, dalam laman resmi perseroan, FAP Agri adalah salah satu perusahaan swasta nasional di Indonesia yang mengelola dan memproduksi minyak kelapa sawit secara berkelanjutan.

    FAP Agri mulai pertama kali beroperasi di 1994 dengan luas total kebun lebih dari 110 ribu hektare (ha) di 2019. Operasional FAP Agri membentang di Kalimantan Utara, Timur, dan Riau yang mencakup ke dalam 11 perusahaan (PT), lima Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan kapasitas total lebih dari 200 ton per jam, dan satu Pabrik Pengolahan Kernel (Kernell Crushing Plant).

    Sebelumnya Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menargetkan perusahaan yang melakukan pencatatan perdana saham hanya 30 emiten di tahun depan. Target tersebut lebih rendah dari capaian tahun ini yang sebanyak 51 perusahaan.

    "Kalau tidak salah, kita secara total hanya menargetkan sekitar 30 IPO baru," kata Inarno dalam konferensi pers virtual, Rabu, 30 Desember 2020 lalu.

    Adapun nilai emisi dari IPO tahun ini disebutkan Inarno hanya mencapai Rp6 triliun. Perolehan tersebut sangat jauh dibandingkan nilai emisi tahun sebelumnya yang mencapai Rp14,77 triliun dari 55 perusahaan.

    Kendati demikian Inarno mengungkapkan jumlah IPO di pasar modal Indonesia masih cukup tinggi, apalagi dikala pandemi yang melanda dunia. Bursa RI tercatat berhasil menduduki peringkat terbesar ke-6 di dunia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id