Bank Harda Proyeksikan Jadi Bank Digital Usai Akuisisi Mega Corpora

    Annisa ayu artanti - 05 Maret 2021 14:04 WIB
    Bank Harda Proyeksikan Jadi Bank Digital Usai Akuisisi Mega Corpora
    Ilustrasi tranformasi bank digital - - Foto: Medcom



    Jakarta: PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) bersiap menjadi bank dengan platform teknologi digital setelah proses pengambilalihan oleh PT Mega Corpora selesai.

    "Setelah proses pengambilalihan perseroan oleh PT Mega Corpora selesai, perseroan akan menjadi sebuah bank dengan platform teknologi digital," kata perseroan melalui bahan materi paparan publik yang dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 5 Maret 2021.






    Manajemen menjelaskan transformasi tersebut akan menjadikan perseroan sebagai bank yang lebih kuat dan mempunyai daya saing berskala nasional.

    Seperti diketahui, pada November tahun lalu perusahaan Chairul Tanjung PT Mega Corpora mengumumkan akan mengambil alih 3,04 miliar lembar saham atau 73,71 persen saham PT Hakimputra Perkasa di Bank Harda. Akuisisi ini akan mengubah status pengendalian atas Bank Harda beralih menjadi PT Mega Corpora.

    Akuisisi tersebut mendapat restu pemegang saham yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BBHI yang diadakan pada 29 Januari 2021.

    Dalam materi paparan dijelaskan, laba bersih unaudited BBHI tahun lalu sebesar Rp41 miliar. Angka ini naik signifikan karena di tahun sebelumnya BBHI mencatat rugi Rp37 miliar. Selain itu, BBHI juga mencatat kenaikan total aset sebesar 2,76 persen dari Rp2,53 triliun menjadi Rp2,6 triliun

    Meski mengalami kenaikan laba, BBHI mencatat penurunan kredit sebesar 23,49 persen dari Rp1,66 triliun pada tahun lalu menjadi Rp1,27. Dana Pihak Ketiga juga tercatat turun dari Rp1,97 triliun menjadi Rp1,47 persen.


    Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) perseroan juga turun sebesar 33,13 persen menjadi 83,71 persen pada 2020.

    Sementara untuk persentase kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) 2020 BBHI berhasil mencatatkan penurunan dari 3,93 persen pada 2019 menjadi 1,75 persen pada tahun lalu.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id