Manulife Aset Manajemen Gandeng Raiz Invest Pasarkan Reksa Dana Syariah

    Husen Miftahudin - 18 November 2020 22:03 WIB
    Manulife Aset Manajemen Gandeng Raiz Invest Pasarkan Reksa Dana Syariah
    Investasi. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (Manulife AM) menggandeng PT Raiz Invest Indonesia untuk memasarkan produk reksa dana syariah. Nantinya produk Manulife Dana Kas Syariah dan Manulife Syariah Sukuk Indonesia akan dipasarkan oleh Raiz Invest.

    Director & Chief Legal, Risk and Compliance Officer yang juga Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah Manulife AM Justitia Tripurwasani mengatakan bahwa industri reksa dana syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan.

    Dia menjelaskan dalam lima tahun terakhir, industri reksa dana syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan di atas 600 persen, jauh melampaui pertumbuhan reksa dana konvensional yang hanya tumbuh sekitar 80 persen pada periode yang sama.

    "Dalam setahun terakhir, AUM (Asset Under Management) reksa dana syariah juga masih terus mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Kami melihat masih banyak peluang pertumbuhan, mengingat semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berinvestasi secara halal," ujar Justitia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 18 November 2020.

    Meskipun begitu, dana kelolaan reksa dana syariah masih tergolong rendah lantaran baru mencapai Rp71 triliun. Nilai ini masih jauh dari reksa dana konvensional sekitar Rp440 triliun.

    Kondisi tersebut membuat Manulife AM serius menggarap potensi reksa dana syariah. Perseroan bahkan memanfaatkan teknologi dalam memasarkannya, seperti kerja sama dengan Raiz untuk memungkinkan masyarakat bisa berinvestasi dengan nominal kecil, mulai dari Rp10 ribu melalui platform yang disediakan Raiz.

    Untuk dua produk reksa dana syariah Manulife AM yang dipasarkan di Raiz bisa dibeli dengan dana minimal Rp10 ribu. Nasabah bisa membeli reksa dana tersebut dengan memanfaatkan fitur recurring (investasi berkala) dan round-ups (pembulatan) yang terdapat di aplikasi Raiz.

    Direktur, Interim Presiden Direktur Manulife AM Afifa mengungkapkan bahwa kerja sama strategis antara Manulife AM dengan Raiz terbentuk berdasarkan kesamaan pandangan tentang pentingnya kemudahan akses dan transaksi yang nyaman untuk berinvestasi di reksa dana syariah, termasuk bagi milenial.

    "Melalui kerja sama dengan Raiz yang memiliki aplikasi investasi mikro berbasis online dan fokus menjangkau generasi milenial, kami harap akan semakin banyak generasi milenial yang menikmati peluang investasi di pasar modal syariah Indonesia," harapnya.

    CEO Raiz Fahmi Arya pun menyambut baik kerja sama ini. Apalagi permintaan masyarakat terhadap produk investasi syariah semakin meningkat, sehingga Raiz menggandeng Manulife AM dalam menyediakan alternatif reksa dana syariah.

    "Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan Manulife AM dalam menyediakan produk investasi yang halal, berkualitas, dan sangat terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk milenial. Melalui kerja sama dengan Manulife AM, kami yakin Raiz dapat memperluas penetrasi pasar," pungkas Fahmi.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id