Perbankan Diminta Serius Bangun Perekonomian NTT

    Antara - 28 April 2021 08:31 WIB
    Perbankan Diminta Serius Bangun Perekonomian NTT
    Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR



    Kupang: Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meminta pelaku industri perbankan agar serius membangun perekonomian NTT. Salah satu yang perlu dilakukan dengan membantu mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

    "Perbankan jangan hanya cari nasabah di NTT tapi juga turut membangun ekonomi NTT. Saya ingin perbankan serius bangun ekonomi masyarakat NTT, khususnya usaha kecil dan menengah," katanya, dilansir dari Antara, Rabu, 28 April 2021.






    Sektor perbankan dengan pengetahuan bisnis dan pemasaran yang luas diharapkan dapat dilakukan transfer pengetahuan melalui berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk usaha kecil dan menengah di NTT.

    NTT, kata dia, merupakan daerah kaya dengan komoditas unggulan terbaik berkelas dunia. Pada 2018, kopi Manggarai dinobatkan sebagai sebagai salah satu kopi terbaik dunia di ajang AVPA Gournet Product di Paris.

    Coklat Gaura Sumba juga meraih penghargaan sebagai salah satu coklat terbaik di dunia pada 2019 saat ikut pameran cokelat di Paris, serta masih banyak potensi unggulan lainnya seperti kelor, gula merah, madu dan sebagainya.

    Persoalannya, hotel-hotel di NTT disuguhi kopi dan gula sachet dari luar, di sisi lain NTT memiliki kopi terbaik dan gula merah dengan kualitas tinggi tapi belum disediakan dalam bentuk sachet.

    "Di sinilah peran perbankan dan BUMN untuk bisa memberikan pendampingan dan pelatihan bagi pengembangan pengemasan produk-produk masyarakat agar punya nilai tambah, juga membantu pemasarannya," kata gubernur didampingi wakilnya Josef Nae Soi.

    Viktor mengatakan sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri tentu punya pengetahuan tentang bisnis dan pemasaran yang memadai. Selain itu juga memiliki jaringan yang cukup kuat sehingga ia meminta agar ada transfer pengetahuan dengan masyararakat NTT dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

    "Kalau kalangan perbankan, LSM, dan pemerintah daerah jalan bersama untuk membentuk konektivitas dalam rangka pengembangan ekonomi rumah tangga, maka NTT akan berkembang pesat," ucapnya.

    Ia mempersilakan pihak perbankan membangun kemitraan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja, koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk peningkatan kualitas produk usaha kecil dan menengah di NTT.

    Dalam kesempatan itu Gubernur Viktor juga mengapresiasi segala sumbangan dan bantuan yang diberikan Bank Mandiri dan bank-bank lain bagi masyarakat NTT yang terdampak bencana alam.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id