Pentingnya Memiliki Perencanaan Keuangan

    Eko Nordiansyah - 11 Maret 2020 22:15 WIB
    Pentingnya Memiliki Perencanaan Keuangan
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Jakarta: Tingginya kebutuhan untuk memenuhi konsumsi rumah tangga menuntut masyarakat memiliki perencanaan keuangan pribadi yang lebih pintar untuk menstabilkan pengeluaran dan pemasukan. Sayangnya, masih sedikit masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya merencanakan keuangan sesuai kebutuhan.

    Menurut riset yang dilakukan Bank DBS pada tahun lalu, total belanja masyarakat Indonesia mencapai USD600 miliar atau sekitar Rp8.400 triliun di periode 2018, mengungguli negara tetangga di kawasan ASEAN, yakni Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

    "Padahal, perencanaan keuangan menciptakan proses berkelanjutan yang akan mengurangi stres finansial, mendukung kebutuhan saat ini, dan mempersiapkan masa pensiun," kata CEO OY! Indonesia Jesayas Ferdinandus dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 11 Maret 2020.

    Dirinya menambahkan, setidaknya ada lima alasan mengapa masyarakat perlu memiliki perencanaan keuangan pribadi. Pertama adalah perencanaan keuangan membantu dalam meningkatkan cash flow dengan memantau pola dan sifat pengeluaran.

    "Salah satu fitur OY! menawarkan kita untuk dapat memonitor keuangan yang mencakup penganggaran yang cermat dan pengeluaran yang bijaksana. Hal ini bisa membantu menjaga lebih banyak uang yang disimpan," jelas dia.

    Kedua, perencanaan keuangan juga membantu mengidentifikasi kesalahan. Tidak hanya pengeluaran tetapi perencanaan keuangan keseluruhan membuat masyarakat menyadari kesalahahan penggunaan dana yang selama ini dilakukan sehingga dapat diperbaiki.

    "OY! Indonesia juga memungkinkan kita merencanakan keuangan dengan tepat termasuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mengalokasikan ke kebutuhan yang lebih penting maupun transaksi rutin setiap bulannya," ungkapnya.

    Ketiga, mewujudkan tujuan hidup. Apalagi setiap orang pasti memiliki tujuan di hidupnya. Seperti membeli kendaraan, membeli rumah, menikah dan lain-lain. Dengan perencanaan keuangan yang tepat seperti perencanaan, penghematan dan menabung tentunya akan membantu mewujudkan tujuan tersebut.

    Keempat, memiliki dana darurat sehingga masyarakat dapat memprediksi masa depan karena hal apapun bisa saja terjadi. Ibarat sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki perencanaan keuangan pribadi yang baik, masyarakat dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Misalnya biaya pengobatan ketika jatuh sakit atau tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan harus memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil mencari pekerjaan baru.

    Kelima, masa pensiun yang nyaman. Setiap orang pasti pasti mendambakan masa pensiun yang nyaman sehingga penting untuk menyiapkannya sedini mungkin dengan berinvestasi ataupun menabung di dana pensiun. Hal ini tentu dapat dilakukan jika keuangan terencana dengan cermat dan tepat.

    "OY! Indonesia dapat menjadi solusi finansial yang nyaman digunakan untuk mengatur transaksi keuangan sehari-hari. Dengan menggunakan OY! diharapkan masyarakat dapat menjadi smart spender," pungkas dia.


    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id