Perusahaan Pembalut Lokal Diakuisisi Asing

    Annisa ayu artanti - 04 September 2020 15:16 WIB
    Perusahaan Pembalut Lokal Diakuisisi Asing
    Pabrik Softex Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur - - Foto: Istimewa
    Jakarta: Produsen popok bayi Huggies asal Amerika Serikat (AS), Kimberly-Clark Corp berencana mengakuisisi perusahaan pembalut Indonesia, PT Softex Indonesia.

    Mengutip laman resmi perusahaan, Jumat, 4 September 2020, perusahaan yang tercatat di New York Stock Exchange dengan kode saham KMB ini telah menandatangani perjanjian definitif.

    Akuisisi Softex Indonesia ini mencapai USD1,2 miliar atau sekitar Rp17,64 triliun (kurs Rp14.700 per USD). Aksi tersebut akan dibayar secara tunai oleh sejumlah pemegang saham Softex, termasuk CVC Capital Partners Asia Pacific.

    "Akuisisi ini mewakili kecocokan strategis yang menarik dan menunjukkan komitmen kami untuk mempercepat pertumbuhan di pasar berkembang," kata CEO Kimberly-Clark Mike Hsu.

    Menurutnya, Indonesia merupakan pasar yang besar dan berkembang dengan prospek masa depan yang menarik. Ia berharap akuisisi tersebut segera meningkatkan posisi Kimberly-Clark di Indonesia.

    Adapun, pasar popok di Indonesia diperkirakan mencapai USD1,6 miliar, terbesar keenam di dunia, dengan sekitar lima juta kelahiran per tahun. Sekitar 80 persen penjualan Softex Indonesia berasal dari popok, dan saat ini menduduki posisi pangsa pasar nomor dua dengan merk Sweety dan Happy Nappy.


    "Softex Indonesia memiliki bisnis yang kuat, tumbuh, dan menguntungkan dengan portofolio merek yang disukai konsumen Indonesia," tambah Presiden bisnis konsumen Asia-Pasifik Kimberly-Clark, Aaron Powell.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id